Kopma Fasyah Unisnu Jepara Gelar Seminar, Pelantikan dan Pelatihan Anggota

 



Tahunan, LPM Burs@- Koperasi Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum  (Kopma Fasyah) menggelar Seminar, Pelantikan dan Pelatihan Anggota (PAG). Acara yang dilakukan dalam waktu sehari ini diselenggarakan di Ruangan Seminar lantai 1 gedung Pascasarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara pada Minggu (28/5). 


Acara dimulai pada pukul 08.30  dibuka langsung oleh Rektor Unisnu Jepara. Acara dibuka setelah sambutan dari Mandataris Ketua Umum Kopma Fasyah, Gubernur Fakultas Syariah dan Hukum dan Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum. 


Rangkaian acara pertama yaitu pelantikan pengurus Kopma Fasyah Unisnu Jepara periode 2023/2024. Kepengurusan yang dipimpin oleh Friska Aulia Febianti sebagai Ketua Umum Kopma Fasyah ini dilantik langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum. 


Rangkaian acara dilanjutkan dengan seminar kewirausahaan. Seminar yang disasarkan untuk umum ini menghadirkan tiga pemateri diantaranya Sarwido, S.E. M.M sebagai kepala Pusat Kewirausahaan Unisnu Jepara, Nofi Lina Ristiyanti, S.E., M.M dari Dinas Koperasi Kabupaten Jepara, Siti Nurul Azizah dari Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa (FKKMI) Wilayah Jateng. 


Pengambilan tema "Membidik Peluang usaha yang tepat di Generasi Milenial" pada seminar kali mengarahkan kepada para generasi untuk memahami dan mengarahkan dalam bidang usaha. Selain itu juga mengarahkan anggota Kopma Fasyah dalam mengelola usaha untuk mencapai kesejahteraan.  


Rangkaian acara terakhir yaitu Pelatihan Anggota (PAG). Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan PAG pada periode ini dilakukan dalam waktu yang dibilang cukup ringkas. Pemateri PAG dipimpin langsung oleh perwakilan dari FKKMI yaitu Siti Nurul Azizah dan Muhammad Ainun Zakki yang dipandu langsung oleh Binti Maimunatu Zahro sebagai moderator.


Pelatihan anggota sendiri merupakan pelatihan yang disasarkan untuk anggota koperasi. Pada PAG kali ini merupakan gabungan antara PAG 1 dan 2, dimana melibatkan pengurus dan anggota kopma. Tidak hanya materi yang diberikan tetapi juga games pengetahuan yang tidak kalah asik. 


Rangkaian acara berakhir hingga pukul 16.00 WIB. Meskipun terkendala dalam miskomunikasi, rangkaian acara berjalan dengan lancar. 

"Saya berharap kedepannya Kopma Fasyah juga mengembangkan koperasi yang ada di Unisnu ini bahwasanya untuk pengadaan yang belom ada di kopma terutama seperti pengadaan mesin foto copy, printer dan lain-lain." Ujar Bisri selaku Ketua Panitia

(BMZ/LPM BURS@)

0 Comments