Kemenristek BEM Unisnu Gelar Pelatihan dan Penerbitan Jurnal



Tahunan, LPM Burs@- Kementerian Riset dan Teknologi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Kemenristek BEM Unisnu) Jepara menggelar Pelatihan dan Penerbitan Jurnal Bagi Mahasiswa Unisnu Jepara. Pelatihan yang dilatar belakangi karena jarangnya minat baca dan tulis di Unisnu Jepara ini diselenggarakan di Ruangan 2A Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara Sabtu (18/3). 

Acara dimulai pada pukul 08.45 ini dibuka langsung oleh Presiden BEM U dilanjutkan dengan pembacaan tahlil lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unisnu Jepara. Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan. 

Pelatihan ini terdiri dari 2 sesi yaitu Pelatihan Penulisan dan Pelatihan Penerbitan Jurnal. 
Pada penulisan jurnal dilatih langsung oleh Ahmad Saefudin merupakan Dosen Pendidikan Agama Islam Unisnu Jepara dan telah berpengalaman dalam Penulisan Jurnal. Sedangkan Penerbitan Jurnal dibimbing langsung oleh Muhammad Novailul Abid. Kedua pelatihan ini tak hanya dipaparkan teori saja, tetapi juga praktik langsung. 
Dikarenakan waktu yang terbatas, pelatihan dengan tema “The Best Publication With Perfect Writing” ini ternyata sudah diagendakan untuk diadakan kembali.

“Harapannya dengan kegiatan pelatihan ini yaitu target kita minimal dari Bem U sendiri ada yang membuat artikel kemudian dipublikasikan. Secara garis besar, mahasiswanya terutama yang sudah mengikuti pelatihan ini paham dan outputnya dapat membuat artikel dan dipublikasikan,” jelas Muhammad Izzun Nidhom selaku Presiden Unisnu Jepara.  

Menurut salah satu peserta pada pelatihan ini sangat membantu bagi mahasiswa Unisnu Jepara. “Pelatihan tersebut sangat membantu mahasiswa dalam penulisan jurnal hingga publikasi. Dalam pelatihan itu tidak hanya materi saja, akan tetapi kita praktik langsung bagaimana kita membuat sebuah jurnal. Saran saya yaitu terus di pertahankan pelatihan-pelatihan seperti ini dan penambahan durasi praktik sehingga output yang dihasilkan dari pelatihan tersebut yaitu Jurnal yang siap untuk di publikasikan” ujar Farhan Sajid. 
(BMZ/ZM/LPM BURS@)

0 Comments