Tim KKN Unisnu Jepara Melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini di Balai Desa Mojo




Pati - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara kelompok Mojo 2 Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini dengan sasaran anak anak remaja IPNU dan IPPNU Mojo. Kegiatan ini dilakukan di Aula Balai Desa Mojo (17/2/23)


Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari program kerja yang dilaksanakan oleh tim KKN Mojo 2 yang bertujuan untuk pencegahan dampak dari Pernikahan Anak Usia Dini. Pada kegiatan kali ini juga didatangkan narasumber langsung dari Duta Genre Pati saudari Della Meliyana Putri untuk menyampaikan Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini. 


Menurut Bapak Supardi selaku Penanggung Jawab Desa Mojo besar harapan dari sosialisasi kali ini mampu mengatasi masalah tingginya angka perceraian di Kabupaten Pati dimana pada tahun ini tercatat 22.711 kasus perceraian yang diputus Pengadilan Agama Pati yang kebanyakan dari kalangan remaja.


Dari hasil yang disampaikan oleh Duta Genre Pati faktor yang menyebabkan tingginya angka perceraian di Pati yaitu antara lain factor ekonomi, faktor ketidakdewasaan pasangan suami istri, dan lain lain. 

“Untuk itu sosialisasi Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini memiliki tujuan untuk anak anak remaja mengedukasi tentang dampak negative yang ditimbulkan adanya pernikahan dini. Oleh karena itu, penting untuk memberikan pemberdayaan kepada anak-anak remaja terkait dengan konsekuensi yang ditimbulkan. Adanya sosialisasi tersebut diharapkan dapat menginspirasi agar tidak memaksa untuk menikah dini” tambahnya.

(VDF/LPM BURS@)

0 Comments