Wujudkan Gerakan Literasi, LPM Burs@ Gelar Pelatihan Menulis Berita dan Desain

 


Tahunan, LPM BURS@ - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Burs@ gelar Pelatihan Menulis dan Desain pada Minggu (22/1/23).

Acara yang mengutip tema “Berkreasi tanpa batas, wujudkan gerakan literasi melalui desain dan tulis” ini dijelaskan oleh Ketua Panitia bahwa sebagai mahasiswa jurnalis tidak ada batasan dalam berkreasi dalam segi apapun. Hal ini dapat diwujudkan melalui tulisan berita atau  desain.

Berbeda dengan kegiatan pelatihan yang kerap digelar oleh ormawa lain, LPM Burs@ hanya melibatkan pengurus, anggota, dan tamu undangan sesama Lembaga Pers dalam kegiatan Pelatihan Menulis dan Desain ini.

Adapun pelatihannya diantaranya berupa pelatihan menulis berita, terutama pada berita features. Dimana pada materi ini sekilas sudah pernah dipaparkan saat Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) pada Desember lalu.

“Futures itu lebih ke human interest atau sosial atau juga sosok atau perorangan. Selain itu, penulisan futures lebih ke tulisan deskriptif atau menggambarkan. Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat membuat pembaca seolah-olah merasakan peristiwa atau melihat kejadian di dalam tulisan tersebut” jelas M. Khoirul Anwar selaku pemateri penulisan menulis berita.


Selain pelatihan menulis, Lembaga Pers ini juga gelar Pelatihan Desain yang difokuskan pada desain feed instagram menggunakan aplikasi canva. Sebelum terjun pada praktik desain, Fildzah Dwi Febriani selaku pemateri desain menyampaikan dulu pengenalan mengenai desain, referensi dalam membuat desain dan tips pembuatan desain. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi peserta terutama bagi Divisi Desain Lembaga Pers.

(BZ/LPM BURS@)

0 Comments