Skip to main content

4 Kabar Juara Dari Kampus Hijau

 


Tahunan-LPM Burs@, Empat kabar juara berhasil ditorehkan oleh Mahasiswa-mahasiswi dari kampus hijau Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara Minggu, (21/11).

Torehan prestasi pertama datang dari tim terbaik Ratu Shima UNISNU Jepara dengan delegasi Nurul Zakiyatul 'Aini (Perbankan Syariah'19), Nandiroh (Perbankan Syariah'19), dan Neni Anggraini (Perbankan Syariah'20). Telah menjadi juara 3 dalam Olimpiade Muamalah Festival 2021 yang diselenggarakan UIN Maliki Malang. 

Sebelumnya tim Ratu Shima telah mengikuti babak penyisihan melalui platform Edmodo Sabtu (20/11). Total akumulasi poin 390 yang didapatkan tim Ratu Shima, membawa mereka masuk 4 besar bersaing dengan kampus besar lainnya Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Raden Rahmad.

Salah satu anggota tim Nandiroh mengungkapkan kebahagiaannya atas capaian timnya membawa harum nama UNISNU dikancah nasional "Senang bisa buat bangga Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu, masih ngga nyangka. Setelah melewati banyak rintangan dan alhamdulilah Allah memberikan rizki untuk jadi juara kali ini" tulisnya melalui wawancara online Senin (22/11).


Torehan prestasi selanjutnya datang dari kompetisi megah Internasional Islamic Youth Champ (IIYC) yang diadakan oleh Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Basilan State University, dan Phillipines and Furigay Colleges Inc. Dimana tidak hanya sebuah ajang kompetisi  melainkan juga  Forum Pemuda dan Persahabatan antar Negara yang diikuti dari perwakilan Indonesia (Unisnu Jepara), Malaysia (UiTm), dan Filiphina (Basilan Univ), Berlangsung selama 2 hari kompetisi IIYC dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) pada 20-21 November, Secara lancar.

Dalam event IIYC, Unisnu Jepara mengirimkan 10 Mahasiswa-mahasiswi terbaik dan berhasil meraih 2 Juara dalam Kategori Enterpreneur Showcase dan 1 Juara dalam kategori quiz Leadership. Dalam kategori Enterpreneur Unisnu Jepara meraih Juara 1 Showcase Bussiness plan dengan menciptakan produk JIRAYA (Jilbba Ratu Kalinyamat) yaitu jilbab motif ukir khas Jepara, dengan formasi delegasi, Ika Lailatun Nikmah (Perbankan Syari'ah'19), Izza Kholilah (Perbankan Syari'ah'19), Putri Rohmawati (Pendidikan Bahasa Inggris'19), Fatma Ariyanti (Pendidikan Bahasa Inggris'17), Fajar Rizqi Fadhilah (Hukum Keluarga Islam'18).

Sedangkan dalam kategori Enterpreneur Showcase Selanjutnya UNISNU berhasil meraih juara 2 dengan menciptakan VITOR (Visiting Tutor) merupakan aplikasi pemesanan tutor untuk membantu pembelanjaan diera pandemi, dengan formasi delegasi. M. Emil Hakim Aba (Hukum Keluarga Islam'19), Ulfa Izzatun Fauziyah (Pendidikan Bahasa Inggris'18), Isna Umroatul Farihah (Pendidikan Guru PAUD'19), Muhammad Danis Sayogo (Pendidikan Bahasa Inggris'19), Defando Dwi Maulana (Hukum Keluarga Islam'18).

Dan yang terakhir dalam event IIYC Unisnu berhasil meraih Juara 3 dalam kategori quiz Leadership, yaitu Juara 3 Youth Leadership, diraih oleh Mahasiswi Prodi (Program Studi) Pendidikan Bahasa Inggris, Fatma Ariyanti.

Izza Kholillah salah satu delegasi IIYC mengungkapkan rasa senangnya berhasil meraih juara dan menjadi salah satu delegasi Unisnu tingkat Internasional, Izza pun mengungkapkan banyak hambatan-hambatan dalam proses event IIYC ini, tetapi semuanya bisa dilalui dengan kerjasama tim yang baik. “Jujur ini adalah program internasional pertama yang saya ikuti, jadi saya sangat excited dan menjadi kebanggaan tersendiri menjadi anggota tim delegasi UNISNU mewakili Indonesia di IIYC” ungkap izza Kholillah.

Amrina Rosyada selaku mentor Laskar Hijau pun menuturkan kejuaraan yang di peroleh mahasiswa Unisnu dalam event IIYC dan Mufes UIN Maliki merupakan buah kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak yang luar biasa yang sudah mencurahkan kebaikan untuk semua team yang bertanding.”Alhamdulillah, ada kejutan yang berbuah dari hasil proses kerjasama dan semangat berilmu dari teman-teman FSH dan teman-teman dari team International Islamic Youth Camp serta team Muamalah Festival Hukum Ekonomi Syariah UIN Malang”.  Jelas Amrina melalui wawancara online.

(RA/IQ/Lpm Burs@)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Unsur Layak Berita

Setelah kemarin kita belajar tentang cara menulis berita sekarang saya akan membagikan mengenai tulisan yang layak disebut berita. karena tidak semua tulisan bisa disebut berita. ada beberapa unsur yang membuat tulisan tersebut layak disebut berita. menurut kode etik Jurnalistik Wartawan Indonesia pasal 5 yang berbunyi “Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisan berisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya” . (Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat, 2006:47) Dari ketentuan yang ditetapkan Kode Etik Jurnalistik itu menjadi jelas pada kita bahwa berita harus cermat dan tepat atau dalam bahasa jurnalistik harus akurat. Selain itu berita juga harus lengkap, adil dan berimbang. Kemudian berita juga tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri atau dalam bahasa akademis disebut objektif. Berita itu juga harus