HILAL PENETAPAN 1 MUHARRAM 1442 H TERTUTUP MENDUNG

 

Unisnu  Jepara – Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) Fakultas Syariah dan Hukum menggelar rukyatul hilal penetapan 1 Muharram 1442 H pada Rabu, 19 Agustus 2020. Acara dimulai ba’da Ashar sampai tiba waktu maghrib. Adapun tempat pelaksanaannya, kegiatan ini dilakukan di Balai Rukyatul Hilal, Pantai Semat Jepara. Lokasi ini merupakan yang paling strategis di Jepara untuk memantau hilal. 

Dari hasil pemantuan yang dilakukan, hilal tidak terpantau menggunakan peralatan yang dimiliki pihaknya, sebab hilal tertutup mendung. "Hari ini di Jepara sendiri tertutup mendung tipis, sehingga dengan ketinggian hilal 4 derajat menurut ahli sulit terlihat,” Ujar Pak Hudi, selaku Pembina UKK LKIF. , selaku Pembina UKK LKIF.

“1 Muharram 1442 H belum bisa dipastikan jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020, sebab belum ada ikhbar dari teman- teman Nu yang ada di semua titik terutama yang ada di Gresik” imbuhnya.

Pak Hudi menekankan jika rukyatul hilal kali ini difokuskan untuk pembelajaran khususnya yang berada di LKIF dan umumnya untuk mahasiswa syari’ah dan hukum.

Sementara itu, kegiatan rukyatul hilal penentuan 1 Muharram 1442 H ini dihadiri oleh seluruh pengurus Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum, beberapa masyarakat setempat dan didampingi langsung oleh dosen ahli Falak, Bapak Hudi, S.H.I., M.S.I. (Pembina UKK LKIF), serta anggota LKIF sendiri.

(R/LPM Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara

Ketua Cabang PMII Respon Statement Ketua DPC GMNI Jepara soal Organisasi Eksternal Kampus