Sekilas Biografi Almarhum KH. M.A. Sahal Mahfudh


Muhammad Ahmad Sahal bin Mahfudh bin Abdussalam al-Hajaini yang akrab dikenal dengan KH. MA. Sahal Mahfudh, beliau lahir di Desa Kajen, Margoyoso Pati pada tanggal 17 Desember 1937. Kiai Sahal adalah anak ketiga dari enam bersaudara yang merupakan salah satu ulama kontemporer Indonesia yang disegani karena kehati-hatiannya dalam bersikap serta memberikan fatwa terhadap masyarakat baik dalam ruang lingkup lokal (masyarakat dan pesantren yang dipimpinnya) maupun ruang lingkup nasional.

Kiai Sahal lahir dari pasangan Kiai Mahfudh bin Abdussalam al- Hafidz (w. 1944 M) dan Hj. Badi'ah (w. 1945 M) yang sedari lahir hidup di pesantren, dibesarkan dalam lingkungan pesantren, belajar hingga ladang pengabdiannya pun ada di pesantren. Saudara kandung Kiai Sahal berjumlah lima orang yaitu: 1. M. Hasyim 2. Hj. Muzayyanah (istri KH. Manshur Pengasuh PP.an-Nur Lasem) 3. Salamah (istri KH. Mawardi, pengasuh PP. Bugel Jepara, kakak istri KH. Abdullah Salam) 4. Hj. Fadhilah (istri KH. Radhi Shaleh Jakarta) 5. Hj. Khadijah (istri KH. Maddah, pengasuh PP.as-Sunniyyah Jember yang juga cucu KH. Nawawi, adik kandung KH. Abdussalam, kakek KH. Sahal). Pada tahun 1968 M (ada yang menyebut 1969) Kiai Sahal menikah dengan Dra. Hj. Nafisah binti KH. Abdul Fattah Hasyim, Pengasuh Pesantren Fathimiyah Tambak Beras Jombang dan berputra Abdul Ghafar Razin.

Sedari kecil Kyai Sahal dididik dan dibesarkan dalam semangat memelihara derajat penguasaan ilmu-ilmu keagamaan tradisional. KH. Sahal Mahfudh dididik oleh ayahnya yaitu KH. Mahfudh yang memiliki jalur nasab dengan Syaikh Ahmad Mutamakkin, namun KH. Sahal Mahfudh sangat dipengaruhi oleh karisma kiai pamannya sendiri, KH. Abdullah Salam. Syaikh Ahmad Mutamakkin sendiri termasuk salah seorang pejuang Islam yang gigih, seorang ahli hukum Islam (faqih) yang disegani, seorang guru besar agama dan lebih dari itu oleh pengikutnya dianggap sebagai salah seorang waliyullah.

Apalagi ayahandanya, Kiai Mahfudh Salam seorang kiai ampuh, dan adik sepupu almarhum Rais Aam NU, Kiai Bisri Syamsuri. Selain itu juga terkenal sebagai hafidz al-Quran yang wira'i dan zuhud dengan pengetahuan agama yang mendalam terutama ilmu ushul. Pesantren adalah tempat mencari ilmu sekaligus tempat pengabdian Kiai Sahal. Dedikasinya kepada pesantren, pengembangan masyarakat dan pengembangan ilmu fiqh tidak pernah diragukan. Beliau memiliki tradisi ketundukan mutlak pada ketentuan hukum dalam kitab-kitab fiqih dan keserasian total dengan akhlak ideal yang dituntut dari ulama tradisional. Atau dalam istilah pesantren, ada semangat tafaqquh (memperdalam pengetahuan hukum agama) dan semangat tawarru' (bermoral luhur).

Dimulai dari dua faktor yang mempengaruhi pemikiran Kiai Sahal yaitu: Pertama, Lingkungan Keluarganya Bapak beliau yaitu Kiai Mahfudz adalah orang yang sangat peduli pada masyarakat. Setelah Kiai Mahfudh meninggal, Kiai Sahal kemudian diasuh oleh KH. Abdullah Salam, orang yang sangat konsen pada kepentingan masyarakat juga. Beliau adalah orang yang mendalami tasawuf juga orang yang berjiwa sosial tinggi. Dalam melakukan sesuatu ada nilai transendental yang diajarkan tidak hanya dilihat dari segi materi. Kiai Mahfudh orang yang cerdas, tegas dan peka terhadap persoalan sosial dan KH. Abdullah Salam juga orang yang tegas, cerdas, wira'i, muru'ah dan murah hati. Kedua, Segi Intelektual Kiai Sahal sangat dipengaruhi oleh pemikiran Imam al-Ghazali. Dalam berbagai teori Kiai Sahal banyak mengutip pemikiran Imam al-Ghazali. Selama belajar di pesantren Kiai Sahal berinteraksi dengan berbagai orang dari segala lapisan masyarakat baik kalangan jelata maupun kalangan elit masyarakat yang pada akhirnya mempengaruhi pemikiran beliau. Selepas dari pesantren beliau aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan. Dari organisasi inilah beliau memadukan pengalaman dari pesantren yang diimplementasikan oleh Kiai Sahal dalam berbagai pemikiran beliau.

Tidak hanya itu, minat baca Kyai Sahal sangat tinggi dan bacaannya cukup banyak. Terbukti beliau punya koleksi 1.800-an buku di rumahnya. Meskipun Kiai Sahal orang pesantren bacaannya cukup beragam, diantaranya tentang psikologi, bahkan novel detektif walaupun bacaan yang menjadi favoritnya adalah buku tentang agama. Sesuai dengan ilmu yang diajarkan, beliau lebih banyak membaca konteks kejadian. Sehingga dengan usia 40 tahun, beliau telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam forum-forum fiqih. Seperti, sidang Bahtsul Masail tiga bulanan yang diadakan Syuriah NU Jawa Tengah, beliau sudah aktif di dalamnya.

Kiai Sahal adalah pemimpin Pesantren Maslakul Huda Putra sejak tahun 1963. Pesantren di Kajen, Margoyoso, Pati, Jawa Tengah, ini didirikan oleh ayahnya, KH. Mahfudh Salam, pada tahun 1910. Sebagai pemimpin pesantren, Kiai Sahal dikenal sebagai pendobrak pemikiran tradisional di kalangan NU. Sikap demokratisnya menonjol dengan mendorong kemandirian memajukan kehidupan masyarakat di sekitar pesantrennya melalui pengembangan pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Guru-guru KH. Sahal Mahfudh untuk urusan pendidikan, yang paling berperan dalam kehidupan Kiai Sahal adalah KH. Abdullah Salam yang mendidiknya akan pentingnya ilmu dan tingginya cita-cita. KH. Abdullah Salam tidak pernah mendikte seseorang. Kiai Sahal diberi kebebasan dalam menuntut ilmu dimanapun. Tujuannya agar Kiai Sahal bertanggung jawab pada pilihannya. Apalagi dalam menuntut ilmu Kiai Sahal menentukan adanya target, hal inilah yang menjadi kunci kesuksesan beliau dalam belajar.

Kiai Sahal memulai pendidikannya di Madrasah Ibtidaiyah (1943-1949), Madrasah Tsanawiyah (1950-1953) Perguruan Islam Mathali'ul Falah, Kajen, Pati. Setelah beberapa tahun belajar di lingkungannya sendiri, Kyai Sahal muda nyantri ke Pesantren Bendo, Pare, Kediri, Jawa Timur di bawah asuhan Kiai Muhajir. Selanjutnya tahun 1957-1960 dia belajar di pesantren Sarang, Rembang, di bawah bimbingan Kiai Zubair. Pada pertengahan tahun 1960-an, Kyai Sahal belajar ke Makkah di bawah bimbingan langsung Syaikh Yasin al-Faddani. Ketika belajar di Mathali'ul Falah Kiai Sahal berkesempatan mendalami nahwu sharaf, di Pesantren Bendo untuk memperdalam fiqh dan tasawuf, sedangkan sewaktu di Pesantren Sarang mendalami balaghah dan ushul fiqh.

Sementara itu, pendidikan umumnya hanya diperoleh dari kursus ilmu umum di Kajen (1951-1953). Di Bendo Kiai Sahal selain mendalami keilmuan tasawuf dan fiqih, beliau mengkaji pula kitab Ihya 'Ulumiddin, al-Mahalli, Fath al-Wahhab, Fath al-Mu'in, al-Bajuri, at-Taqrib, Sullam at-Taufiq, Safinat an-Najah, Sullam al-Munajat dan kitab-kitab kecil lainnya. Disamping itu juga aktif mengadakan halaqah- halaqah kecil-kecilan dengan teman-teman senior. Sedangkan di Pesantren Sarang Kiai Sahal mengaji pada Kiai Zubair tentang ushul fiqih, qawa'id fiqh dan balaghah. Dan kepada Kiai Ahmad beliau mengaji kitab tasawuf al-Hikam. Kitab yang dipelajari waktu di Sarang antara lain Jam' al-Jawami','Uqud al-Juman, Tafsir al-Baidhawi, Lubbab an-Nuqul, Manhaj Dzawi an-Nadzar karangan Syaikh Mahfudz Termas dan lain-lain.

Kiai Sahal aktif  menulis ratusan risalah (red-makalah) berbahasa Arab dan Indonesia, dan juga aktivis LSM yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap problem masyarakat kecil. Dengan berbagai prestasi yang ditorehkan kepada masyarakat melalui kajian-kajian yang dilakukan, beliau mendapat penganugerahan gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dalam bidang pengembangan ilmu fiqh serta pengembangan pesantren dan masyarakat pada 18 Juni 2003 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pengalaman Organisasi
Pada Musyawarah Nasional (Munas) MUI VII (28/7/2005) Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU), itu terpilih kembali untuk periode kedua menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) masa bakti 2005-2010. Pada Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) di Donohudan, Boyolali, Jateng, Minggu (28/11-2/12/2004), beliau pun dipilih untuk periode kedua 2004-2009 menjadi Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU). Pada 26 November 1999, untuk pertama kalinya dia dipercaya menjadi Rais Aam Syuriah PBNU, mengetuai lembaga yang menentukan arah dan kebijaksanaan organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan lebih 30-an juta orang itu. KH. Sahal Mahfudz yang sebelumnya selama 10 tahun memimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Tengah, juga didaulat menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI pada Juni 2000 sampai tahun 2005.

Selain jabatan-jabatan diatas, jabatan lain yang sekarang masih diemban oleh beliau adalah sebagai Rektor Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU, sekarang UNISNU) Jepara, Jawa Tengah (1989-2013) dan pengasuh Pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Kajen, Pati (1963-2014). Sedangkan pekerjaan yang pernah beliau lakukan adalah guru di Pesantren Sarang, Rembang (1958-1961), Dosen kuliah Takhassus Fiqh di Kajen (1966-1970), Dosen di Fakultas Tarbiyah UNCOK, Pati (1974-1976), Dosen di Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang (1982-1985), Kolumnis tetap di Majalah AULA (1988-1990), Kolumnis tetap di Harian Suara Merdeka, Semarang (1991-sekarang), Rais Aam Syuriyah PBNU (1999-2004), Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI, 2000-2005), Ketua Dewan Syari'ah Nasional (DSN, 2000-2005), dan sebagai Ketua Dewan Pengawas Syari'ah pada Asuransi Jiwa Bersama Putra (2002-2014).

Sepak terjang KH. Sahal Mahfudh tidak hanya lingkup dalam negeri saja. Sebagai pengakuan atas ketokohannya, beliau telah banyak mendapatkan penghargaan, diantaranya Tokoh Perdamaian Dunia (1984), Manggala Kencana Kelas I (1985-1986), Bintang Maha Putra Utarna (2000) dan Tokoh Pemersatu Bangsa (2002). Pengalaman yang telah didapatkan dari luar negeri adalah, dalam rangka studi komparatif pengembangan masyarakat ke Filipina tahun 1983 atas sponsor USAID, studi komparatif pengembangan masyarakat ke Korea Selatan tahun 1983 atas sponsor USAID, mengunjungi pusat Islam di Jepang tahun 1983, studi komparatif pengembangan masyarakat ke Srilanka tahun 1984, studi komparatif pengembangan masyarakat ke Malaysia tahun 1984, delegasi NU berkunjung ke Arab Saudi atas sponsor Dar al-Ifta' Riyadh tahun 1987, dialog ke Kairo atas sponsor BKKBN Pusat tahun 1992, berkunjung ke Malaysia dan Thailand untuk kepentingan Badan Pertimbangan Pendidikan Nasional (BPPN) tahun 1997.
Dialog Problematika Umat karya mbah Sahal, karya mbah sahal, kiyai sahal mahfudz
Dialog Problematika Umat karya mbah Sahal

Karya-karya KH. Sahal Mahfudh; 1). At-Tsamarah al-Hajainiyah tentang fiqih yang ditulis tahun I960 (Nurussalam, t.t), 2). Al-Barakat al-Jumu'ah (berbicara tentang gramatika Arab), 3). Thariqat al-Hushul ila Ghayat al-Ushul (Surabaya: Diantarna, 2000), 4). Pesantren Mencari Makna (Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999), 5). Al-Bayan al-Mulamma''an Alfadz al-Lumd (Semarang: Thoha Putra, 1999), 6). Telaah Fikih Sosial, Dialog dengan KH. MA. Sahal Mahfudz (Semarang: Suara Merdeka, 1997). 7). Nuansa Fiqh Sosial (Yogyakarta: LKiS, 1994), 7). Ensiklopedi Ijma' terjemahan bersama KH. Mustofa Bisri dari kitab Mausu'ah al-Ijma'(Jakarta; Pustaka Firdaus, 1987), 8). Intifah al-Wajadain (Risalah belum diterbitkan), 9). Wasmah ash-Shibyan ila I'tiqad ma'da ar-Rahman (Risalah belum diterbitkan), 10). I'danah al-Ashhab ditulis tahun 1961, 11). Faid al-Hija Syarh Nail ar-Rajaditulis tahun 1961, 12). Nadzm Safinat an-Najah ditulis tahun 1961, 13). At-Tarjamah al-Munbalijah 'an Qashidah al-Munfarijah, 14). Luma' al-Hikmah ila Musalsalat al-Muhimmat (Diktat Pesantren Maslakul Huda, Pati), 15). Al-Faraid al-Ajibah ditulis tahun 1959 (Diktat Pesantren Maslakul Huda, Pati), 16). Tipologi Sumber Daya Manusia Jepara dalam Menghadapi AFTA 2003 (Workshop KKN INISNU Jepara, 29 Februari 2003), 17). Strategi dan Pengembangan SDM bagi Institusi Non-Pemerintah, (Lokakarya Lakpesdam NU, Bogor, 18 April 2000), 18). Mengubah Pemahaman atas Masyarakat: Meletakkan Paradigma Kebangsaan dalam Perspektif Sosial (Silaturrahmi Pemda II Ulama dan Tokoh Masyarakat Purwodadi, 18 Maret 2000), 19). Pokok-Pokok Pikiran tentang Militer dan Agama (Halaqah Nasional PBNU dan P3M, Malang, 18 April 2000), 20). Prospek Sarjana Muslim Abad XXI, (Stadium General STAI al-Falah as-Sunniyyah, Jember, 12 September 1998), 21). Keluarga Maslahah dan Kehidupan Modern, (Seminar LKKNU, Evaluasi Kemitraan NU-BKKBN, Jakarta, 3 Juni 1998), 22). Pendidikan Agama dan Pengaruhnya terhadap Penghayatan dan Pengamalan Budi Pekerti, (Sarasehan Peningkatan Moral Warga Negara Berdasarkan Pancasila BP7 Propinsi Jawa Tengah, 19 Juni 1997), 23). Metode Pembinaan Aliran Sempalan dalam Islam, (Semarang, 11 Desember 1996), 24). Perpustakaan dan Peningkatan SDM Menurut Visi Islam, (Seminar LP Ma'arif, Jepara, 14 Juli 1996), 25). Arah Pengembangan Ekonomi dalam Upaya Pemberdayaan Ekonomi Umat, (Seminar Sehari, Jember, 27 Desember 1995), 26). Pendidikan Pesantren sebagai Suatu Alternatif Pendidikan Nasional, (Seminar Nasional tentang Peranan Lembaga Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kualitas SDM Pasca 50 tahun Indonesia Merdeka, Surabaya, 2 Juli 1995), 27). Peningkatan Penyelenggaraan Ibadah Haji yang Berkualitas, (disampaikan dalam Diskusi Panel, Semarang, 27 Juni 1995), 28). Pandangan Islam terhadap Wajib Belajar, (Penataran Sosialisasi Wajib belajar 9 Tahun, Semarang 10 Oktober 1994), 28). Perspektif dan Prospek Madrasah Diniyah, (Surabaya, 16 Mei 1994), 29). Fiqh Sosial sebagai Alternatif Pemahaman Beragama Masyarakat, (disampaikan dalam kuliah umum IKAHA, Jombang, 28 Desember 1994), 30). Reorientasi Pemahaman Fiqh, Menyikapi Pergeseran Perilaku Masyarakat, (disampaikan pada Diskusi Dosen Institut Hasyim Asy'ari, Jombang, 27 Desember 1994), 31). Sebuah Refleksi tentang Pesantren, (Pati, 21 Agustus 1993), 32). Posisi Umat Islam Indonesia dalam Era Demokratisasi dari Sudut Kajian Politis, (Forum Silaturahmi PP Jateng, Semarang, 5 September 1992), 33). Kepemimpinan Politik yang Berkeadilan dalam Islam, (Halaqah Fiqh Imaniyah, Yogyakarta, 3-5 Nopember 1992), 34). Peran Ulama dan Pesantren dalam Upaya Peningkatan Derajat Kesehatan Umat, (Sarasehan Opening RSU Sultan Agung, Semarang, 26 Agustus 1992), 35). Pandangan Islam Terhadap AIDS, (Seminar, Surabaya,1 Desember 1992) Kata Pengantar dalam buku Quo Vadis NU karya Kacung Marijan, (Pati, 13 Pebruari 1992), 36). Peranan Agama dalam Pembinaan Gizi dan Kesehatan Keluarga, Pandangan dari Segi Posisi Tokoh Agama, Muallim, dan Pranata Agama, (Mudzakarah Nasional, Bogor, 2 Desember 1991), 37). Mempersiapkan Generasi Muda Islam Potensial, (Siaran Mimbar Agama Islam TVRI, Jakarta, 24 Oktober 1991), 38). Moral dan Etika dalam Pembangunan, (Seminar Kodam IV, Semarang, 18-19 September 1991), 39). Pluralitas Gerakan Islam dan Tantangan Indonesia Masa Depan, Perpsketif Sosial Ekonomi, (Seminar di Yogyakarta, 10 Maret 1991), 40). Islam dan Politik, (Seminar, Kendal, 4 Maret 1989), 41). Filosofi dan Strategi Pengembangan Masyarakat di Lingkungan NU, (disampaikan dalam Temu Wicara LSM, Kudus, 10 September 1989), 42).
Dialog Problematika Umat karya mbah Sahal, karya mbah sahal, fiqh sosial
Fiqh Sosial
Disiplin dan Ketahanan Nasional, Sebuah Tinjauan dari Ajaran Islam, (Forum MUI, Kendal, 8 Oktober 1988), 43). Relevansi Ulumuddiyanah di Pesantren dan Tantangan Masyarakat, (Mudzakarah, P3M, Mranggen, 19-21 September 1988), 44). Prospek Pesantren dalam Pengembangan Science, (Refreshing Course KPM, Tambak Beras, Jombang 19 Januari 1988), 45). Ajaran Aswaja dan Kaitannya dengan Sistem Masyarakat, (LKL GP Anshor dan Fatayat, Jepara 12-17 Februari 1988), 46). AIDS dan Prostisusi dari Dimensi Agama Islam, (Seminar AIDS dan Prostitusi YAASKI, Yogyakarta, 21 Juni 1987), 47). Sumbangan Wawasan tentang Madrasah dan Ma'arif, (Raker LP Ma'arif, Pati, 21 Desember 1986), 48). Program KB dan Ulama, (Pati, 27 Oktober 1986), 49). Hismawati dan Taman Gizi, (Sarasehan gizi antar santriwati, Administrasi Pembukuan Keuangan Menurut Pandangan Islam, (Latihan Administrasi Pembukuan dan Keuangan bagi TPM, Pan, 8 April 1986), 50). Pendekatan Pola Pesantren sebagai Salah Satu Alternatif membudayakan NKKBS, (Rapat Konsultasi Nasional Bidang, KB, Jakarta, 23-27 Januari 1984), 51). Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan di Pesantren, (Lokakarya Pendidikan Kependudukan di Pesantren, (Jakarta, 6-8 Januari 1983), 52). Tanggapan atas Pokok-Pokok Pikiran Pembaharuan Pendidikan Nasional, (27 Nopember 1979), 53). Peningkatan Sosial Amaliah Islam, (Pekan Orientasi Ulama Khotib, Pati, 21-23 Pebruari 1977).  S

Oleh: Dofri Shofwatul Anam
Mahasiswa Fakultas Syari'ah dan Hukum, Semester VI UNISNU Jepara
Penulis adalah pengamat karya-karya KH. Sahal Mahfudz dan artikel-artikel yang mengupas biografi beliau. Artikel diatas hasil resum dari beberapa artikel dan karya-karya KH. Kiai Sahal Mahfudz.

0 Comments