TEMPAT BILAS : PELUANG BISNIS WARGA SEMAT

 


Tahunan-LPM Burs@, Tempat bilas merupakan salah satu fasilitas yang sangat bermanfaat bagi pengunjung pantai, dan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis oleh warga sekitar pantai. Tidak dipungkiri karena wisatawan perlu untuk sekedar membilas seusai menikmati air laut atau hanya buang air. 


Pantai Semat merupakan salah satu destinasi wisata yang bertempat di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara yang cukup ramai pengunjung terlebih di hari-hari libur sekolah dan muda-mudi yang ramai datang di sore hari untuk menikmati senja di pantai ini.  


Adanya destinasi wisata yang ramai ini memunculkan peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Diantaranya adalah banyaknya UMKM yang mulai bermunculan disepanjang pesisir Pantai Semat. Disinilah kemudian ekonomi masyarakat mulai terdongkrak pertumbuhannya.


Selain berdirinya UMKM tersebut, terdapat peluang bisnis yang lain, diantaranya adalah bisnis tempat bilas dan WC. Peluang ini cukup menjanjikan mengingat di pantai ini tidak hanya muda-mudi yang menikmati senja, namun ada juga terdapat anak-anak yang bermain air dan pasir di pantai ini. Tak hanya tempat bilas, WC pun tak kalah ramai penggunanya. 


Peluang ini salah satunya dimanfaatkan oleh Toyib yang merupakan salah satu warga RT 7/3 dengan membuat tempat bilas dan WC. Beliau memanfaatkan peluang ini, di samping untuk memenuhi kebutuhan ekonomi juga karena modalnya yang relatif murah. "Ya karena modalnya murah mas" tuturnya. 


Kemudian Toyib juga menjelaskan strateginya dalam membuka bisnis tempat bilas dan WC ini untuk tetap ramai. "Saya membuat tempat bilas ini karena tempatnya strategis, mudah dilihat jadi gampang untuk wisatawan mengerti bahwa ada tempat bilas disini". 

Selain itu juga Toyib menggunakan siasat untuk bisnisnya ini tetap ramai adalah dengan harga yang relatif murah.

0 Comments