Keunggulan WINDOWS 8

Microsoft telah merilis Windows 8 dalam konferensi BUILD yang digelar di Anaheim, California, Selasa (13/9/2011). Presiden Windows yang bernama Steven Sinofsky mengatakan bahwa “Windows 8 yang diperkenalkan memang versi baru bagi para pengembang atau disebut developer preview”.

Windows 8 membawa sejumlah perubahan dibanding sistem operasi Microsoft generasi terdahulu. Apa saja kelebihannya ketimbang Windows seven? Berikut 8 di antaranya :

1.      Dioptimalisasi untuk layar sentuh

Windows seven memang support layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.

2.      Mendukung chip ARM

Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

3.      Toko aplikasi Windows Store

Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

4.      Mendukung NFC (Near Field Communications)

Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

5.      Waktu boot yang singkat

Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

6.      Internet Explorer 10

Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar daripada versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.

7.      Sekuriti lebih baik

Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.

8.      Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC

Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows seven dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

Sayangnya diantara semua kelebihan yang dimiliki oleh Windows 8, ada satu kekurangan yang mungkin buat saya ini cukup penting. Yaitu pada sistem operasi Windows 8 yang digunakan untuk Tablet PC ini tidak mendukung untuk content Flash, baik Flash pada aplikasi multimedia, video maupun pada game.

Ahmad Mustaghfirin
Ahmad Mustaghfirin
Ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Alasan Microsoft melakukan hal ini adalah untuk menghemat baterai Tablet. Selain itu juga dapat melindungi privasi Tablet kita dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa aplikasi dan perangkat elektronik lainnya, penggunaan konten Flash justru menyebabkan data rusak atau crash.

Walaupun demikian, OS Windows 8 di komputer Dekstop Interface tetap bisa menggunakan konten Flash. Untuk Windows 8 x86 (32 bit) spesifikasi minimal adalah prosesor 1 GHz, Ram 1 GB dan kapasitas penyimpanan 16 GB. Sementara untuk x64 (64 bit), Anda membutuhkan prosesor 1 GHz, RAM 2 GB dan kapasitas penyimpanan 20 GB. Tak perduli pilihan yang akan digunakan, anda butuh DirectX 9 compliant GPU dengan WDDM 1.0 atau driver lebih tinggi.

Oleh : Ahmad Mustaghfirin (Syari’ah V) Layouter LPM BURS@ 2011-2012

0 Comments