KPUM Gelar Pelantikan dan Sosialisasi Pemilwa 2023

 


LPM Burs@- Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara pada Selasa, 11 April 2023 menyelenggarakan pelantikan dan Sosialisasi Pemilwa 2023 dengan mengusung tema  Bangkitkan Demokrasi Mahasiswa di Kampus Merdeka. Pelantikan dilaksanakan di Ruang Seminar Pasca Sarjana Unisnu Jepara. KPUM dilantik langsung oleh Rektor Unisnu Sa'dullah Assaidi, selain dilantik langsung oleh Rektor Unisnu Jepara pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Biro 1 bagian Kemahasiswaan, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisnu, Presidium Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan perwakilan Ormawa di Unisnu Jepara. 

Pernah terjadi Kekosongan KPUM mulai dari bulan November sampai Maret hingga akhirnya dapat dilakukan pelantikan pada hari ini. Harapannya KPUM yang telah dilantik dapat belajar dari apa yang sudah terjadi ditahun lalu dan semoga dapat menjalankan tugas dengan baik ucap Izzun Nidhom selaku Presiden BEM Universitas dalam sambutannya.


Dengan dilantiknya KPUM menjadi tanda akan diadakannya pesta demokrasi di Unisnu Jepara. KPUM Bertugas untuk menyelenggarakan pemilihan ditingkat Universitas. Pada kegiatan pemilihan ini berguna untuk memilih presiden dan wakil presiden (Badan Eksekutif Mahasiswa) BEM, anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Gubernur dan Wakil Gubernur BEM ditingkat Fakultas. KPUM juga melakukan sosialisasi terkait dengan pemilihan mahasiswa (pemilwa) yang akan diselenggarakan pada bulan Juni 2023.


Pada sosialisasinya KPUM memaparkan timeline kegiatan pemilwa mulai dari proses pendaftaran partai, pendaftaran calon, masa kampanye dan pemungutan suara. KPUM juga menjelaskan syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa maju menjadi partai politik mahasiswa, calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, dan anggota DPM.

Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, dan anggota DPM harus melalui partai politik mahaiswa. Perseorangan dapat mencalonkan diri dengan mendapatkan dukungan setengah dari mahasiswa Unisnu. 

Semua calon yang sudah ditetapkan harus mengikuti serangkaian kegiatan  yang telah dibuat oleh KPUM sampai dengan pemungutan suara yang rencananya akan di selenggarakan pada 26 Juni 2023.

(HAW/LPM BURS@)

0 Comments