PROGRES PKKMB HARI KETIGA FAKULTAS REGION HIJAU UNISNU JEPARA

 


Tahunan-LPM Burs@, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU) menyambut mahasiswa baru tahun 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB dilaksanakan selama tujuh hari, yang dimulai Senin 29 Agustus sampai 4 September 2022 dengan mengusung tema "Membentuk Generasi Unggul yang Berkarakter Aswaja An Nahdliyyah". Pemilihan dari tema tersebut guna untuk membentuk generasi yang unggul dan mempunyai karakter an nahdliyyah ditengah gejolak anak muda yang beragama tetapi tidak mempunyai karakter. 

Pada Rabu (31/08) adalah hari ketiga diadakannya PKKMB, namun hari ini merupakan hari pertama PKKMB dari Region Hijau yang terdiri dari 3 Fakultas yaitu Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Region Hijau merupakan gabungan dari 3 Fakultas tersebut dan dijadikan dalam satu lingkup kegiatan PKKMB Region Hijau. Pembukaan PKKMB Region Hijau dimulai pada pukul 06.00 WIB, yang berlokasi di halaman Gedung Hijau Unisnu. Kegiatan PKKMB dimulai dengan melakukan upacara pembukaan. Kemudian diresmikan dengan simbolik penabuhan gong yang diwakilkan oleh Yuyun Fitriah selaku SC PKKMB Region Hijau. 

Setelah itu putra putri cendekia diharapkan masuk ke dalam ruangan untuk mengikuti materi ke-Fakultas-an. Fakultas Syariah dan Hukum melanjutkan kegiatan dengan materi-materi yang dilaksanakan di ruang 2D lantai 2 Fakultas Syariah dan Hukum, materi 1 yaitu Ke-Fakultas-an yang dimoderatori oleh Habibur Rohman Zamzami dengan pemateri dari Dekan Fakultas Syariah dan Hukum yaitu Mayadina Rohmi Musyfiroh. Setelah itu dilanjut materi 2 mengenai Pengenalan Nilai Budaya, Etika, Tata Krama, Norma Kehidupan Kampus, Plagiarism, Penyalahgunaan Narkoba, Anti Korupsi, dan Bijak dalam Berkomunikasi dalam Bermedia Sosial yang masih dilaksanakan di ruang 2D Fakultas Syariah dan Hukum dengan dimoderatori oleh Habibur Rohman Zamzami dengan pemateri dari Dekan Fakultas Syariah dan Hukum yaitu Mayadina Rohmi Musyfiroh. Setelah materi 1 dan materi 2 selesai dilanjutkan dengan ice breaking. Kemudian dilanjutkan dengan ishoma kurang lebih 1 jam. 

Acara yang selanjutnya adalah perkenalan seluruh panitia PKKMB Region Hijau yang dilaksanakan di Audit FTIK Lantai 3 yang di atur oleh panitia dari sie acara. Selanjutnya persiapan materi 3 yaitu Materi Pengenalan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa "SIAMA" dan System Pelayanan Administrasi Akademik Mahasiswa yang dilaksanakan di Audit FTIK lantai 3, yang dimoderatori oleh Septi dengan pemateri Teguh Tamrin, Beliau merupakan dosen dari Fakultas Sains dan Tekhnologi. 

Acara selanjutnya yaitu Safari Kampus, yang berguna untuk calon mahasiswa baru mengetahui lebih detail mengenai lingkup yang ada di Unisnu Jepara. Rute nya dimulai dari lapangan Region Hijau yang selanjutnya turun melewati BEM Universitas, lanjut ke Gedung Sains dan Teknologi, Perpustakaan, lanjut ke Kantin, Gedung Haji, Basecamp UKM, taman FEB, kemudian ke Gedung Dekanat FEB, Taman Unisnu News dan yang terakhir kembali lagi ke Lapangan Region Hijau. Safari Kampus ini dikoordinir oleh sie acara PKKMB Region Hijau. 

"Progres dari PKKMB hari ketiga ini kan acara PKKMB Region Hijau, berbeda dengan PKKMB kemarin yang dilaksanakan Universitas. Kalau di Universitas itu materinya lebih secara umum sedangkan di Region Hijau itu terkait ke-fakultas-an dan ke-prodi-an" ucap Muhammad Irbabul Lubab selaku Ketua PKKMB Region Hijau. 

"Kesan PKKMB hari ke 3 yang dilaksanakan oleh fakultas dari Region Hijau lebih enak dari PKKMB Universitas karena bedanya PKKMB Universitas kemarin lebih bayak kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Unisnu sehingga suasananya lebih panas kalau di PKKMB Fakultas itu lebih ke pembekalannya sedikit tidak terlalu banyak dan PKKMB Fakultas lebih banyak dilakukan didalam ruangan" ucap Novia Nailatun Ni'mah salah satu peserta PKKMB. 

(LR/SK/LPM Bursa)

0 Comments