Agenda Tahunan DKV : Refleksi Satwulan Ke-VII

Suasana Pameran Refleksi Satwulan ke-VII

Tahunan-LPM Burs@, HMPS DKV (Himpunan Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual) gelar Pameran Refleksi Satwulan 2022 ke-VII di Halaman Fakultas Sains dan Teknologi pada (20-21/06). 

Kegiatan pameran merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan sebagai ajang pameran dan hasil output dari penugasan mahasiswa Desain Komunikasi Visual khususnya bagi mahasiswa semester 2 dan 4. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 20-21 Juni 2022 yang telah diawali adanya pra event pada 12 Juni 2022 dengan melibatkan beberapa mitra. Pra event sendiri diantaranya Gowes dan Gambar bareng yang tentunya sangat bermakna bagi para pemuda Jepara. Selain itu juga ada pembuatan video dokumenter yang berkolaborasi dengan tenun ikat troso yang outputnya ditampilkan saat pameran. 

Hari pertama Pameran Refleksi Satwulan dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan diramaikan dance performance dari Sanggar Tari Peta dan pameran karya mahasiswa DKV. Lalu dilanjutkan pada siang hari dengan agenda Resakustik, Live Drawing, dan Talk Show. Rangkaian talk show sendiri membahas mengenai Jepara dan Manunggaling Karya yang dipandu langsung oleh pembicara Udin Nur Effendi.

Hari kedua yang tak kalah serunya dibuka dengan Talk Show (Bilik Resa) yang membahas tentang Komunitas Buku di Jepara oleh Jabookfest. Acara dilanjutkan dengan ResaKustik dan Malam Inagurasi pada pukul 18.00 WIB. Diacara puncak inagurasi Refleksi Satwulan terlihat sangat meriah karena diisi oleh Teater Tuman, Diamond Dare, Cloverfield, Upin kill Ipin, dan Kapitalis. Selain itu pada malam ini juga terdapat penghargaan karya terbaik mahasiswa yang dinilai melalui vote dari tamu undangan. 

Mengutip semua rangkaian kegiatan Pameran Refleksi Satwulan ternyata ada wajah baru, yaitu sang maskot yang menemani acara ini, yang dinamai "Sam Aruk" si kura kura yang bertempurung ukiran khas Jepara. Hal ini juga diikuti dengan penampilannya ala anak muda milenial yang diharapkan bisa menyampaikan pesan identitas Jepara agar bisa menyatukan karya dalam sebuah akal kreatif untuk masyarakat luas terutama di Jepara seperti yang dijelaskan oleh ketua panitia pameran saat diwawancara. 

"Harapan saya setelah acara pameran ini terutama untuk adik- adik mahasiswa DKV jika buat karya itu harus dengan niat sehingga bisa maksimal dan bagus apabila karya tersebut ditampilkan saat agenda pameran". Ujar Ketua Panitia Refleksi Satwulan, Rama Noryahya.

(BZ/LPM Burs@)

0 Comments