Forum Remaja Berkiprah BSO FKJ PMII Jepara Adakan Seleksi Duta Genre 2021


Sabtu(30/01/2021) PIK-pikir FKJ PMII Jepara mengadakan Pemilihan Duta Genre yang dilaksanakan di Auditorium L3 Perpustakaan Unisnu Jepara. Kegiatan yang mengambil tema  Peran Generasi Milenial untuk Menanggulangi Permasalahan Remaja  tersebut  diikuti oleh 19 peserta dari Unisnu Jepara. Selain  dihadiri oleh Duta genre 2018 dan Duta Genre Jawa tengah, juga  ada tamu undangan dari rayon dan LPM yang ada di Unisnu Jepara. Melati Puspita Sari, selaku ketua dari Forum Kajian Gender memaparkan bahwa tujuan diadakannya event pemilihan duta genre adalah agar nantinya dapat menjadi role model dalam mencegah NAPZA, Seks bebas, dan juga pernikahan dini yang mana hal tersebut sangat akrab dengan remaja.


Pada pemilihan Duta Genre tahun ini dilakukan secara dua tahap. Tahap pertama semua peserta memaparkan materi yang ada pada forum kajian gender di antaranya  8 fungsi keluarga dan juga pendewasaan usia perkawinan.  Tahap kedua mereka menampilkan bakat yg dimiliki. Peserta menampilkan bakat masing- masing mulai dari menyanyi, menari, silat, membaca puisi, bahkan senam aerobik.


Dari 19 Peserta yang mengikuti seleksi, terpilihlah Monika Leni Silvia sebagai Duta Genre Putri dan Ahmad Amin Wahyudi sebagai Duta Genre Putra. Adapun dari semua peserta yang turut berpartisipasi dalam seleksi, mereka semua akan didaftarkan untuk mengikuti seleksi Duta Genre lagi, di tingkat Provinsi.


"Kesan saya, sangat senang karena baru pertama kali tampil di ajang tingkat kampus. Hitung-hitung buat pengalaman kedepannya agar jauh lebih baik dan bisa juara. Selain itu di duta genre ini kita bisa memberi sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan teman-teman yang lain agar tidak terjerumus ke dalam pernikahan dini, seks bebas dan Napza/zat adiktif lainnya. Dengan begitu pula merupakan satu cara saya untuk dapat memberi manfaat bagi sesama remaja dan masyarakat secara umum", pungkas Zidan salah satu kontestan Seleksi Duta Genre PIK PIKIR FKJ PMII Cabang Jepara 2021.

(Hesti/Lpm_Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara