Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum Dampingi Mahasiswa Melakukan Pelatihan Arah Kiblat

 


UNISNU JEPARA- Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum dampingi mahasiswa melakukan pelatihan arah kiblat. Acara ini diikuti oleh Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam semester satu dan dua. Selain bertujuan untuk melakukan pelatihan, acara ini juga merupakan salah satu syarat bagi Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam yang telah mengikuti mata kuliah Ilmu Falak 1 untuk kemudian bisa mengikuti mata kuliah Ilmu Falak 2.

Acara yang berlangsung sejak siang menjelang sore tadi (20/08), bertempat di Balai Desa Pecangaan Kidul. Acara tersebut juga didampingi oleh Mas Huda selaku pemateri utama. Selain mendapatkan pengajaran teori acara sore tadi juga mengajarkan praktik penentuan arah kiblatnya. Acara tersebut diikuti secara antusias oleh para peserta yang terlibat di dalamnya. Mengenai teknis praktiknya, terbagi ke dalam beberapa kelompok untuk menentukan arah kiblat sesuai jam dan wilayah pada saat praktik penentuan. Adapun teknis penghitungan falaknya, dalam acara pelatihan penentuan arah kiblat ini menggunakan metode Penghitungan Excel.

“Harapan kami selain untuk memberikan fasilitas bagi anggota kami dalam mendalami materi terkait penentuan arah kiblat ini, juga untuk memfasilitasi mahasiswa lainnya untuk memberikan pelatihan ini sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan persyaratan mengikuti mata kuliah Ilmu Falak 2. Selain, itu juga agar pelatihan ini dapat memberimanfaat kepada semua yang terlibat, utamanya peserta, untuk mengembangkan ilmu dan pehamanan mereka terkait Ilmu Falak,” ucap Khoirul Ummah selaku Ketua LKIF.

(L/LPM Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara

Ketua Cabang PMII Respon Statement Ketua DPC GMNI Jepara soal Organisasi Eksternal Kampus

Resensi Novel Matahari diatas Gilli