Bersatu Tanpa Ragu Untuk Membangun Desa Tercinta, Peringatan HUT RI Ke-71 di Desa Tengguli


Pasukan Pengibar Bendera sedang melaksanakan Pengibaran bendera di Peserta Upacara saat Upacara Bendera HUT RI Ke-71 di Desa Tengguli. Rabu (17/8)
Jepara – Rabu (17/8) Masyarakat Indonesia memeriahkan Hari Ulang Tahun Indonesia sekaligus merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Tak terkecuali di desa Tengguli Kec. Bangsri Kabupaten jepara merayakan HUT RI KE-71 ini dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan berpusat di Balai Desa Tengguli.
Kegiatan Peringatan HUT RI Ke-71 di Desa Tengguli ini membawa tema “Bersatu Tanpa Ragu Membangun Desa Tercinta” yang mana telah dimulai dari 16 Agutus Malam dengan acara 71 Tumpeng, Tengguli Untuk INDONESIA yang dilaksanakan di Bali Desa Tengguli yang dihadiri oleh Masyarakat setempat. Kemudian hari berikutnya, Tanggal 17 Agustus 2016 akan berlangsung pula Upacara Bendera yang bertempat di Halaman SDN 1 Tengguli kemudian dilanjutkan juga Karnaval dan Kirab Perjungan yang dimulai pada pukul 10.30 WIB, Peserta terbaik dengan kreasinya saat Karnaval akan mendapatkan hadiah dari kepala Desa. Rute yang dilewati saat karnaval Perjuangan ini Start di Balai Desa Tengguli sampai Pertigaan MI NU Tengguli kemudian di lanjutkan sampai Pertigaan Guntur dan melewati Rumah Bapak Petinggi Tengguli dan akhirnya akan kembali lagi di Balai Desa.

Untuk memancing antusiasme masyarakat supaya ikut memeriahkan acara HUT RI Ke-71 ini. Panitia membagikan kupon kepada masyarakat dengan membayar sebesar Rp. 2.000/ Kupon, dan bagi yang beruntung nomer kupon keluar saat undian berlangsung maka akan diberikan Dorprize menarik dari panitia “Hadiah yang besar nanti akan diberikan kepada warga yang beruntung. Hadiahnya menarik lho, ada kambing dan dorprize lain-lainnya. Kemudian saat karnaval bagi peserta yang memenangkan karnaval ini akan mendapatkan piala dan Uang dari Kepala Desa bagi yang mendapatkan Juara 1, 2 & 3.” Tutur Dewi (salah satu Panitia HUT RI ke-71 Desa Tengguli).

Introspeksi Umur Indonesia Ke-71

Tidak terasa umur Indonesia ini telah mencapai 71 Tahun dan sudah selayaknya warga di indonesia bisa hidup damai, sejahtera, dan menjadikan negara yang berdaulat, adil dan makmur. Usia yang hampir mencapai ¾ abad ini seharusnya bisa menjadikan Indonesia terus berintropeksi diri dan memperbaiki kehidupan Indonesia. Peringatan-peringatan yang dilakukan di berbagai wilayah Nusantara tidak hanya sekedar ritual tahunan untuk memperingati kemerdekaan tetapi juga bisa memaknai kemerdekaan dengan tindakan nyata untuk mengisi kemerdekaan.

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia memang rutin dilakukan setiap tahun sebagai wujud peringatan atas kemerdekaan Indonesia. Momen kemerdekaan memang momen penting dalam sebuah negara karena itu merupakan hari lahir dari sebuah negara dan memiliki makna yang sangat penting bagi warga negara. Selain itu, kemerdekaan juga berarti bebas dari penjajahan bangsa asing. Maka tidak heran jika peringatan 17 Agustus itu selalu disambut meriah oleh warga Indonesia. Karena hal ini merupakan bentuk perayaan bagi hari lahir bangsa Indoesia. Kemerdekaan merupakan peristiwa penting yang harus dirayakan. Euforia masyarakat dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia memang selalu terjadi setiap tahunnya. Namun seharusnya peringatan itu tidak hanya peringatan saja namun juga diisi dalam bentuk tindakan nyata. Agar kemerdekaan yang diperjuangkan oleh para pendahulu kita tidak sia-sia. RS/Alim

0 Comments