Profil Resimen Mahasiswa (MENWA) UNISNU Jepara

UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
Latihan rutin MENWA UNISNU JEPARA

UNISNU- Resimen Mahasiswa (disingkat menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Markas komando Menwa bertempat diperguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut.

Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan dasar militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya.

Anggota menwa di setiap perguruan tinggi atau kampus membentuk satuan-satuan yang merupakan salah satu bagian organisasi mahasiswa / mahasiswi di unit kegiatan mahasiswa UKM). Menwa diberikan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda dengan UKM lain dan berada langsung dibawah rektorat.
Kami mempunyai semboyan “ WIDYA CASTREN DHARMA SIDDHA “. Yang Artinya Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan". Yang dimaksudkan oleh Ilmu Pengetahuan adalah segala macam cabang keilmuan yang didapat saat menjadi mahasiswa. 

Hal ini dipergunakan untuk menempuh jenjang karier, dengan tidak melupakan tujuan utama melakukan pengabdian pada masyarakat. Sedangkan Ilmu Keprajuritan adalah yang bersangkutan dengan jiwa keperwiraan, keksatriaan serta kepemimpinan, bukan sekadar keahlian dalam bertempur ataupun yang sejenis.

Sedangkan Resimen Mahasiswa Batalyon 956 “ Singa Padang Pasir “ Unisnu Jepara berdiri sejak tanggal 12 Juni 1987 setelah mendapat SK ( Surat Keputusan ) dari Skomen Mahadipa tentang berdirinya Menwa 956 “ Singa Padang Pasir “. banyak kegiatan yang dilakukan oleh menwa disamping kegiatan wajib yaitu Pra pendidikan dasar yang dilakuka oleh Batalyon Sendiri . 

Kemudian Pendidikan Dasar yang diadakan oleh Skomen Mahadipa di RINDAM IV DIPONEGORO Magelang Bersama-sama dengan seluruh anggota Menwa Perguruan Tinggi lain se- Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kemudian Suskalak (Kursus Kader Pelaksana) yang biasanya dilaksanakan di RINDAM III SILIWANGI Bandung. dan setelah itu puncak dari pendidikan menwa adalah Suskapin ( Kursus Kader Pimpinan ) yang diadakan di Batu Jajar Jawa Barat bertempat di Markas Diklat Grup 3 Kopassus.

Disamping itu juga ada kegiatan lain yang sifatnya pelatihan baik itu dengan TNI AD, AL (scuba diving), AU (matra Udara). Basarnas ( SAR laut maupun darat) serta juga dengan POLRI seperti yang tahun lalu yang pernah dilaksanakan adalah Pelatihan Olah TKP di Polda Jawa Tengah.(*)

Tulisan diterbitkan Oleh Panitia OSPEK UNISNU Jepara 2014

Dipublis oleh Muwasaun Niam
(PU LPM BURSA Periode 2014-2015 / Owner Nusantara Furniture)

0 Comments