Menyongsong PMII Komisariat menuju Indonesia Maju


Jepara-LPM Burs@, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sultan Hadlirin Unisnu Jepara mengadakan RTK IX 2021 (Rapat Tahunan Komisariat) selama sehari semalam (18/9). Rapat yang bertema “Menyongsong PMII Komisariat Sultan Hadlirin Progresif menuju Indonesia Maju” kali ini, dilaksanakan di Gedung PCNU Jepara Jl. Pemuda No. 51 Jepara. Selain itu, rapat kali ini juga menggandeng 5 PMII Rayon, diantaranya PMII Rayon Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, PMII Rayon Syariah dan Hukum, PMII Rayon Dakwah dan Komunikasi, PMII Rayon R.A Kartini, dan PMII Rayon Ratu Shima. 

“Tujuan RTK kali ini salah satunya yaitu menciptakan penerus komisariat dan pelatihan kader rayon agar tidak lagi main main. Selain itu, rapat tahunan kali ini juga tampil beda dari tahun sebelumnya. Hari Sabtu ini merupakan puncak acara dari berbagai kegiatan komisariat yang telah dilaksakan beberapa hari yang lalu. Diantaranya ada ziarah anggota komis, sekolah media, sekolah advokasi, istigatsah, pelantikan, dll yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya.” ujar sang ketua panitia, Muhammad Syafur Roqib. 

Rapat yang dimulai pada pukul 09.00 ini sangat antusias diikuti oleh kader dari berbagai rayon. Seperti halnya yang dipaparkan oleh salah satu kader Rayon Syariah dan Hukum, "Tanggapan mengenai kegiatan RTK IX ini bagi saya sangat antusias. Hal ini dikarenakan kegiatan ini hanya dilakukan satu kali dalam setahun" ujar Erny Nur'aini. Dilanjutkan acara sidang hingga pelantikan masing masing rayon yang dilantik oleh Ketua Umum PMII Cabang Jepara, Asep Rojudin, S. H. Diakhir acara pelantikan tersebut, beliau juga berpesan “Pengurus rayon kini telah resmi menjadi pengurus dan bukan lagi sebagai mandataris, semoga bisa menciptakan gerakan gerakan untuk menuju PMII yang maju, tetap belajar dan jangan buta informasi diluar sana. Selalu adakan target dan dapatkan output setiap progja." Ujar sahabat Asep yang diakhiri dengan gema salam PMII. "Salam pergerakan!!! Salammm!!!!" 



Setelah dijeda dengan istirahat, sholat, dan makan selama 2 jam, acara berlanjut istigatsah lalu Sidang Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART), Sidang Komisi, Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Komisariat Sultan Hadlirin 2020/ 2021 serta yang terakhir pencalonan dan pemilihan ketua komisariat 2021/2022. Pemilihan bakal calon mandataris komisariat Sultan hadlirin 2021/2022 kali ini dilakukan dua kali. Hal ini dikarenakan adanya satu nama calon yang memiliki suara lebih dari lima, maka ditetapkan sebagai calon tunggal. Akan tetapi, ketika sesi pencocokan kriteria berlangsung ternyata mandataris menyatakan belum siap. Sehingga hal ini ditinjau kembali oleh ketua sidang dan domisioner komisariat untuk memutuskan langkah selanjutnya. Keputusan ternyata juga telah disepakati oleh forum, maka pencalonan untuk pemilihan ulang bakal calon dari pasca rayon yang hadir. Dari 9 calon yang dipilih, yang dapat lanjut pada tahap pemilihan diantaranya sahabat Naufal dengan suara 17, sahabat Nugroho dengan suara 6 dan batal dengan suara 1. Melihat banyaknya suara yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa ditetapkan sahabat Achmad Naufal sebagai mandataris terpilih komisariat Sultan Hadlirin 2021/2022. (BMZ/LPM Burs@)

0 Comments