MERIAHKAN HARLAH UNISNU KE-30 BEM U ADAKAN LOMBA REBANA

 


Tahunan - LPM Burs@, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (BEM UNISNU) Jepara mengadakan lomba rebana yang bertemakan Reaktualisasi Spirit Kebangkitan (An-Nahdlah) dan Ulama (Al-Ulama) di Gedung MWC NU Tahunan pada Ahad (08/08). Lomba ini merupakan salah satu rangkaian untuk memperingati hari lahir UNISNU Jepara yang ke 30 tahun yang diadakan universitas dan BEM sebagai pelaksana dari kegiatan tersebut. Tujuan dari diadakannya lomba ini untuk melestarikan budaya rebana sebagai ciri khas dari Nahdlatul ulama.


Lomba rebana di ikuti oleh tim rebana yang berasal dari berbagai daerah di Jepara. Jumlah peserta pada lomba ini dibatasi 10 tim dan dibagi jadi 2 sesi, setiap sesinya terdiri dari 5 tim. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan di dalam gedung. “untuk peserta kita batasi sepuluh tim. Acara pun ada sesinya, dibagi dua sesi. Dari sepuluh tim itu kita bagi dua sesi untuk meminimalisir kerumunan di dalam gedung. Jadi kita bagi dua sesi, sesi satu lima kelompok dan sesi dua lima kelompok. Jadi ketika sesi pertama sudah selesai mereka bisa kembali ke tempat asal masing-masing dan gantian yang sesi dua” ujar Presiden BEM UNISNU.


Persiapan dari peserta lomba bervariasi ada yang satu minggu dan ada yang hanya tiga hari. Namun, peserta sangat antusias karena di masa pandemi jadwal kegiatan mereka terputus karena PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan festival-festival banyak yang diadakan secara online. mereka mengikuti lomba ini karena sudah lama tidak mengikuti lomba secara offline. Selain itu, dengan mengikuti lomba ini menjadi tolak ukur kemampuan dari tim rebana mereka sampai mana. “Alasan ikut meramaikan acara ini salah satu tujuannya untuk menjadi tolak ukur kemampuan kita, evaluasi kita, tim kita ini sampai mana nanti kita evaluasi semua kalau ada kekurangan nanti kita tambah lagi.” Ujar Muhammad Ulil Absor dari tim Rebana Syubbanul Waton.


Acara ini dibuka langsung oleh wakil rektor 3 Bapak Gun Sudiryanto. setelah pembukaan dilanjut dengan pelaksanaan lomba yang dipandu oleh Dwi putri abiani dan Ahmad Fatih. Acara lomba berjalan dengan lancar peserta demi peserta menampilkan penampilan terbaik dari tim masing-masing. Lomba ini ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. juara 1 diraih oleh tim rebana El Hijaz, juara 2 diraih oleh Al Khaidir, Juara 3 diraih oleh Syubbanul Waton. (HAW/LPM Burs@)

0 Comments