MENUJU KE ARAH KEMAJUAN BERSAMA KOPMA FASYAH

Tahunan-LPM Burs@, Koperasi Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (KOPMA FASYAH) telah menggelar kegiatan Pelatihan Anggota 2 (PAg2) Sabtu, (21/8) di ruang 2A Fakultas Syariah dan Hukum lantai 2 Unisnu Jepara.

PAg2 merupakan kegiatan yang wajib di lakukan bagi pengurus KOPMA FASYAH agar dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang manfaat dalam berkoperasi. Kegiatan yang diikuti seluruh pengurus Kopma fasyah ini mengusung tema “Menuju Kopma Fasyah yang Progresif”. 

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan setengah hari ini diawali dengan pembukaan yang dibuka langsung oleh pembina Kopma Fasyah, Fauzan. Kegiatan selanjutnya dipandu oleh dua narasumber Faiz dan Edy untuk menyampaikan materi berkenaan dengan koperasi yakni kepengurusan, keanggotaan, pengawasan dan Rapat Anggota.

Dasar manfaat dari mengikuti PAg2 kali ini yakni setiap anggota termotivasi untuk ikut berpartisipasi di koperasi, seperti: meningkatkan volume transaksi, memperkuat permodalan, pengawasan, dan ikut mengambil keputusan dalam mengambil resiko jika terjadi masalah. Dalam partisipasi anggota berkelanjutan maka pengelola koperasi harus senantiasa dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi baik dari aspek organisasi maupun usaha koperasi. Koperasi juga wajib menyediakan layanan yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan anggota.

Setelah mengikut PAg2 kali ini diharapkan para pengurus

1. Dapat meningkatkan pemahamannya terkait arti serta nilai-nilai dan prinsip dari koperasi itu sendiri

2. Terampil dan percaya diri dalam menyikapi kasus yang terjadi dalam kehidupan berkoperasi.

3. Dapat memberikan manfaat serta peran di setiap menyelenggaraannya.

4. Mempunyai hak dan kewajiban disetiap pengelolaannya.

5. Terampil dalam penghitungan harga pokok produksi dan harga penjualan.

6. Mengenal struktur, fungsi dan tugas perangkat organisasi koperasi.

7. Memahami hakikat usaha koperasi.

8. Memahami cara-cara menganalisa masalah dan potensi usaha

9. Menemukan cara untuk pemecahan masalah usahanya.

10. Terampil dalam menghitung SHU bagian anggota serta terampil dalam membaca laporan keuangan koperasi.

Harapan penyelenggara untuk PAg2 yakni pengurus dapat memahami peran dari masing-masing pihak dalam koperasi "Harapannya di kegiatan kali ini untuk semua pengurus dan anggota terdidik agar bisa bermanfaat nantinya serta dapat menumbuhkan rasa kesadaran diri dan pentingnya meningkatkan partisipasi di setiap usahanya untuk Kopma Fasyah yang lebih baik dari sebelumnya” ujar Boy selaku ketua Kopma Fasyah. (NPM/BURS@)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara