Skip to main content

Dialog Publik "Islam Indonesia & Islam State"

ISIS, Radikalisme
DIalog Publik Radikalisme



Senin, (12/04). Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) rayon Tarbiyah dan Imu Keguruan mengadakan acara Dialog Publik dengan tema “Islam Indonesia dan Islam State” acara ini di laksanakan di lantai 3 Kampus Hijau UNISNU Jepara yang bertempat di hijau lantai tiga.

Acara ini dihadiri seluruh kader PMII Jepara. “Saya harap acara ini bisa selalu konsisten diadakan setiap tahun untuk menambah wawasan umumnya untuk semua kalangan mahasiswa dan masyarakat khususnya untuk para kader-kader PMII”.

Dalam acara yang bertemakan Islam Indonesia dan Islam state ini telah mengundang Pimpinan Cabang NU jepara yang menjadi salah satu pemateri dalam acara ini, Kyai Nafhiudin menjelaskan bagaimana Islam masuk ke Nusantara dan dari mana Islam yang dianut di Indonesia “saya yakin, bahwa Islam datang ke Indonesia adalah dari Mesir, karena jika dari india atau Gujarat madzhab yang di anut di Indonesia akan bermadzhab hanafi dan jika Islam Indonesia datang dari Iran atau Pakistan pasti akan menjadi Islam yang menganut ajaran Ali bin Abu Thalib dan akan sama aliranya separti Islam syi’ah, dan Islam Indonesia ini datang dari mesir karena bermadzhab wahabi dan syafi’I” tutur dari Kiai Nafhiudin yang mengisi acara ini.

Kepala Prodi  Komunikasi Penyiaran Islam, Abdul Wahab menjadi salah satu pemateri dalam acara ini mengatakan “Jangan terlalu melihat apapun dari luarnya karena belum tentu didalamnya sama dengan sisi luarnya saja” tutur pak Wahab. Jadi Islam juga jangan melihat dari luarnya saja tapi kita harus mengenal dari dalamnya juga sperti di Indonesia, negeri ini adalah salah satu Negara yang mempunyai umat Muslim terbesar di dunia tetapi dari segi kualitasnya sangat jauh dari umat-umat muslim yang ada di Negara lain.

ISIS merupakan kelompok radikal yang gampang mengkafirkan Islam dan agama lain, karena adanya penyimpangan dalam memahami agama yang membuat garis keras dan tidak mau menerima perbedaan. Radikalisme di Indonesia sangat di haramkan karena tidak sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Yang mengandung nilai-nilai ketoleransian dalam beragama karena dari segi sejarah negri ini bukan hanya umat Muslim yang ikut berjuang dalam memprtahankan Indonesia. (Asep Rojudin)


Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara

Lagu Mars UNISNU Jepara Bertabur bintang berderap dengan tegap,  Itulah harapan UNISNU Jepara Tak hanya mimpi tapi upaya nyata Ttuk Indonesia jaya sejahtera... Menempa baja persada Nusantara Cendekiawan beriman dan bertakwa Menjadi pejuang berakhlak mulia Bagi nusa bangsa dan agama... Berderap majulah langkah ksatria Bersama membangun walaupun Bhineka Bersatu padu untuk menuntut ilmu Amalkan Tri Dharma di UNISNU kita... Wahai generasi muda Indonesia Siaplah menghadapi tantangan jaman Badai dan gelombang menempa diri Majulah UNISNU Jepara...  Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara