CEGAH KENAKALAN REMAJA, KKN UNISNU MENGADAKAN SOSIALISASI TANAMKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK

 

Demak-LPM Burs@, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara yang berada di Desa Rejosari, Demak gelar Sosialisasi menanamkan sikap religius dalam rangka mencegah kenakalan remaja kepada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Jleper Mijen, Demak pada senin (29/01/2024).

Kegiatan sosialisasi ini menggandeng Muhammad Syaichu Zakariya, Ketua PAC IPNU Sayung Demak untuk menjadi narasumber. Dilaksanakan di masjid area SMK Miftahul Huda Jleper, kegiatan ini ditujukan untuk siswa siswi kelas XII untuk menjadikan siswa yang memiliki akhlak mulia dan bermartabat. Sosialisasi ini menekankan pada pencegahan kenakalan remaja agar generasi bangsa Indonesia tidak terjerumus pada hal-hal yang menyimpang.

Menurut salah satu warga yang memiliki anak remaja mengaku resah dengan kurangnya sosialisasi atau penanaman nilai tentang pentingnya sikap religius terhadap kenakalan remaja. Dibeberapa daerah telah terjadi tindak kekerasan seksual dan non seksual yang mengakibatkan siswa harus putus sekolah akibat tindakan yang telah dilakukan. Sangat disayangkan jika hal tersebut terjadi pada remaja sekarang. Maka dari itu pihak tim KKN Unisnu Desa Rejosari mengadakan sosialisasi yang berkolaborasi dengan pihak SMK Miftahul Huda Jleper Mijen, Demak. Adapun pembahasan dari sosialisasi ini terkait bagaimana menghindari narkoba, rokok dan minuman keras. Selain itu juga bagaimana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan agar tidak mudah tergoda oleh pergaulan yang salah.

Menurut Zaim selaku ketua KKN Unisnu Jepara di Desa Rejosari, Demak mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi dan mengurangi tingkat kenakalan remaja supaya tidak terjadi tingkat pernikahan dini dan kekerasan pada anak atau antar sesama teman. Zaim mengatakan bahwa “kenakalan remaja di usia saat ini sangat meningkat di beberapa daerah, maka dari itu perlu adanya sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran remaja untuk menanamkan sikap religius sebagai pondasi awal untuk mencegah kenakalan remaja saat ini” ujarnya. Pelaksanaan sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias dari peserta didik dan pihak terkait.

(TimKKNrejosari)

0 Comments