Gali Jiwa Entrepreneur Muda, HMPS PS Gelar Business Plan Competition

Foto Bersama: Semua grand finalis business plan competition melakukan foto bersama

Tahunan- LPM Burs@, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara yang bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah ( HMPS PS ) mengadakan Kompetisi Business Plan Tingkat Se-Karesidenan Pati. Pendaftaran dan pengumpulan proposal sudah dimulai sejak akhir Februari kemarin.

Kompetisi Business Plan ini digelar dengan tema “Membangun Jiwa Entreprenuer dalam Optimalisasi Kearifan Lokal di Era Society 5.0 “.

Pendaftaran serta pengumpulan proposal dilakukan secara daring melalui platform google form dan final digelar secara luring dikampus Unisnu Jepara. Setelah melalui tahap seleksi proposal, terpilih empat sekolah yang masuk ke babak final yakni SMK N 1 Cluwak judul “Motorcycle Smart Control Berbasis Android”, SMA N 1 Kudus judul “Proposal Usaha Basreng Demon”, SMK N 1 Cluwak judul “Touchless Portable Handsanitizer (Toupo New Mantap) , MA Matholibul Huda Mlonggo judul “Fresh Market Digital Greeney Agiculture For Digital Fresh Market”.

Babak final digelar di ruang 2D Gedung Hijau Lt.2 komplek Unisnu Jepara pukul 09.00 sampai dengan 12.30 WIB, Minggu (5/03). Dalam sambutannya pada pembukaan acara, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Mayadina Rohmi Musfiroh, menyampaikan bahwa “Dengan diadakannya kegiatan ini untuk membangun, men-challenges calon-calon generasi muda dalam melakukan bisnis, ide, gagasan, impian jangan cuma membuat sebuah bisnis diatas kertas saja namun diwujudkan secara nyata”. 

Finalis: Tampak finalis sedang mempresentasikan proposal bisnisnya di hadapan juri dan finalis lainnya

Dalam penyelenggaraan babak final, ada tiga dewan juri yang semuanya berasal dari jajaran dosen Fakultas Syariah dan Hukum, yakni Muhammad Jamhari, Ahmad Fauzan Mubarok dan Cahyaning Budi Utami. Setelah masing-masing tim mempresentasikan produk usaha mereka selama 22 menit dan sesi tanya jawab dari dewan juri. SMK N 1 Cluwak dinyatakan sebagai juara satu dengan proposal usaha menciptakan “Touchless Portable Handsanitizer (Toupo New Mantap). Diikuti oleh MA Matholibul Huda Mlonggo sebagai juara dua dengan produk "Fresh Market Digital Greeney Agiculture For Digital Fresh Market". Lalu SMK N 1 Cluwak sebagai juara 3 dengan Proposal "Motorcycle Smart Control Berbasis Android". Lalu yang terakhir sebagai juara harapan satu SMA N 1 Kudus dengan Proposal Usaha Basreng Demon. Ketiga juara mendapatkan Tropy, Sertifikat, Uang Pembinaan dan Voucher gratis pendaftaran masuk Prodi Perbankan Syariah dan untuk juara harapan mendapatkan Plakat, Sertifikat, Voucher gratis pendaftaran masuk Prodi Perbankan Syariah.

Selain untuk membangun jiwa entrepreneur, lomba ini juga ditunjukan untuk melestarikan kearifan local di Era Society 5.0 dimasukannya dalam perencanaan bisnis.

“Tujuan mengadakan Business Plan adalah untuk membantu siswa-siswi dalam meningkatkan inovasi dan memupuk jiwa entrepeneurship dalam diri mereka, sekaligus menjadi ajang promosi Prodi Perbankan Syariah dan Hukum di Unisnu Jepara" Tutur Vicky Laily Shofi, selaku Bupati Hmps PS.

(DA/LPM Burs@)

0 Comments