Panduan Pembuatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) PKKMB UNISNU Jepara 2016

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi. Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

A. MACAM-MACAM PKM PKKMB 2016

1. PKM-KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)

1.1 Pendahuluan
Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) merupakan program pengembangan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada laba (profit). Komoditas usaha yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa dalam berwirausaha dan memasuki pasar. Komoditas tim PKM-K hendaknya tidak menjadi kompetitor produk sejenis yang merupakan penghasilan masyarakat. Pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.
1.2 Tujuan
Tujuan PKM-K adalah menghasilkan karya kreatif, inovatif dalam membuka peluang usaha yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi.

2. PKM-PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM-M)

2.1 Pendahuluan
PKM-M Merupakan program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan, penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat, upaya penyembuhan buta aksara dan lain-lain bagi masyarakat baik formal maupun non-formal, yang sementara ini dinilai kurang produktif. Proposal program ini mensyaratkan adanya komitmen dalam bentuk kerjasama secara tertulis dari komponen masyarakat yang akan dibantu/menjadi khalayak sasaran.
2.2 Tujuan
Tujuan PKM-M adalah menumbuhkembangkan minat mahasiswa dalam mengabdikan ilmunya kepada masyarakat melalui karya-karya inovatif.

3. PKM-KARSACIPTA (PKM-KC)

3.1 Pendahuluan
Program Kreativitas Mahasiswa-Karsacipta (PKM-KC) merupakan program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa. Program ini bersifat konstruktif dan harus mampu menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototip dan sejenisnya. Karya cipta tersebut mungkin belum memberikan nilai kemanfaatan langsung bagi pihak lain.
3.2 Tujuan
Tujuan PKM-KC adalah menumbuh kembangkan karya kreatif dan inovatif dalam Ipteks yang mampu menghasilkan suatu sistem, desain, model barang atau prototip yang dapat diterapkan dalam dunia usaha atau masyarakat luas.

Catatan : Kesemua program di atas mensyaratkan ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur penilaian utamanya.

B. TATA ATURAN DAN FORMAT PENULISAN 


a. Naskah diketik dengan jenis huruf standard (Times New Roman) dengan ukuran  font 12, Spasi 1,15. Dan mejorok 5 ketukan.
b. Kertas yang dipergunakan untuk penulisan PKM adalah Kuarto (A4) ukuran 21 x 29,7 cm berat 70–80 gram.
c. Batas margin untuk Top Left  3 cm dan  Bottom Right 2 cm.
d. Penulisan Sub Tema di Bold (tebal)

 JUDUL 

Penulisan  judul dibuat yang kreatif, menarik perhatian, bikin penasaran, menggoda dan unik sesuai dengan isi PKM (maksimal 12 kata)

1. RINGKASAN 

Pada bagian ini dikemukakan tujuan dan target penelitian yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

2. PENDAHULUAN 

Pendahuluan mencakup latar belakang dan permasalahan atas isu serta urgensi (keutamaan) penelitian dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang ilmu pengusul. Luaran yang diharapkan dan manfaat dari kegiatan ini juga harus disajikan pada bab ini.

3. METODE PENELITIAN

Metode penelitian harus menjelaskan secara utuh tahapan penelitian yang akan dilaksanakan, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.
Secara umum, metode berisi tentang bagaimana survei/observasi/pengukuran dilakukan termasuk waktu, lama, dan tempat. Di samping itu juga menjelaskan bahan dan alat yang digunakan, teknik untuk memperoleh data/informasi, serta cara pengolahan data dan analisis yang dilakukan.
Acuan (referensi) harus dimunculkan jika metode yang ditawarkan kurang dikenal atau unik. Untuk PKM secara umum, metode berisi tentang bagaimana kegiatan dilakukan termasuk waktu, lama, dan tempat. Di samping itu juga menjelaskan bahan dan alat yang digunakan, teknik untuk memperoleh hasil (output dan outcome), pengembangan dan keberlanjutan program.

4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya
Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan Tabel Format Ringkasan Anggaran Biaya PKM:




4.2 Format Jadwal Kegiatan



5. KESIMPULAN

Kesimpulan berisi hasil analisis dan atau sintesis atas hasil penelitian dan pembahasan.


C. FORMAT PENULISAN PROPOSAL KEGIATAN


Sedangkan format penulisannya mengikuti sistematika sebagai berikut:
1. HALAMAN SAMPUL
2. DAFTAR ISI
3. RINGKASAN
4. BAB I PENDAHULUAN
5. BAB II METODE PENELITIAN
6. BAB 1V BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
7. KESIMPULAN

Catatan:
PKM Dijilid 2 (Asli dan Foto Copy)
dengan ketentuan:
- Cover PKM-K Hijau Muda
- Cover PKM-M Merah Muda
- Cover PKM-KC Kuning














Contoh Cover PKM 





PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM



.........................................................................................................
BIDANG KEGIATAN
PKM-K/ PKM-M/ PKM-KC

Disusun Oleh:
Nama Peserta :
Nama Kelompok :
Fakultas :
Program Studi :


PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU 
(PKKMB) REGION HIJAU
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA’ (UNISNU) JEPARA
TAHUN 2016

0 Comments