Kemenag Kabupaten Jepara menentukan Awal Bulan Ramadhan melalui Kegiatan Rukyatul Hilal

 


Jepara-Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Burs@  Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1444 H/2023 M di Pantai Kartini Jepara (22/03).

Kegiatan ini diikuti oleh semua Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten, Penyuluh Agama Nasional, pejabat di lingkungan Kemenag,  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Pengurus Cabang Muhamadiyah dan dari Pengadilan agama. 


Secara hitungan Falak tidak ada masalah yang berbeda, karena kita berpedoman Hisab yang ada, sehingga kemungkinan untuk terlihat secara  hitungan itu tinggi, tetapi masalah terlihat atau tidaknya itu tergantung ufuk kita itu tertutup atau tidak, kalau tertutup awan maka tidak bisa terlihat. Harapan kita pada kali ini kita nanti pukul 17:48 mulai merukyah Hilal dalam lama waktu 36 menit  agak lama, karena usia bulannya udah tua di atas 15 jam, karena tadi malam istima’nya jam setengah satu nan. 


H. Bahrudin selaku penyelenggara mengungkapkan bahwa kegiatan Rukyatul Hilal ini tidak hanya dari para tokoh agama atau para pejabat, tetapi diikuti oleh berbagai dari sekolah atau  pondok pesantren, salah satunya dari mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara Fakultas Syariah dan hukum yaitu Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) juga mengikuti kegiatan ini untuk menentukan awal Bulan Ramadhan. 


Penetapan awal Bulan Ramadhan melalui Rukyatul Hilal merupakan metode penetapan berdasarkan pengamatan bulan. Pengamatan ini dilakukan pada malam hari setelah terbenamnya matahari pada tanggal 29 Sya’ban. Meskipun sebelumnya terdapat kendala cuaca mendung, namun akhirnya hilal dapat terlihat di Jepara pada pukul 17:58:56 dengan ketinggian lima derajat, yang berada di sebelah utara matahari. (ZM/AIS/LPMBURS@)

0 Comments