Melalui PKKMB Diharapkan Mahasiswa Baru Menjadi Generasi Unggul dan Berkarakter Aswaja An Nahdliyyah.

 


Tahunan-LPM Burs@, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU) menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 melalui serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB dilaksanakan selama tujuh hari, yakni mulai Senin 29 Agustus sampai 4 September 2022 dengan mengusung tema “Membentuk Generasi Unggul yang Berkarakter Aswaja An Nahdliyyah”.

"Pemilihan tema tersebut untuk membentuk generasi yang unggul dan mempunyai karakter an nahdliyah ditengah gejolak anak muda yang beragama tapi tidak mempunyai karakter. Unggul disini berarti menjadi pribadi yang luhur dalam prestasi akademik maupun non akademik. Tujuan dari kegiatan PKKMB ini untuk mengetahui terkait kepustakaan, sejarah keunisnuan sebagai bekal setelah menjadi mahasiswa aktif" tutur Abdullah Fatih selaku penanggung jawab acara PKKMB 2022.

Melalui PKKMB diharapkan mahasiswa saling mengenal, bersatu, dan berkolaborasi untuk mencapai prestasi baik akademik maupun non akademik, pengabdian masyarakat, dan kemahasiswaan. Rangkaian PKKMB dibagi menjadi 2 yaitu, dari Universitas dan Fakultas masing-masing mahasiswa. Dari PKKMB Universitas sendiri berjalan selama 2 hari dan fakultas selama 5 hari.

Pada Senin (29/08) yang merupakan hari pertama kali diadakan PKKMB, berlokasi di Lapangan basket Unisnu para calon mahasiswa melakukan upacara pembukaan. Diresmikan dengan simbolik penyematan pada perwakilan 2 mahasiswa baru dan penerbangan burung merpati. Bapak Sa'dullah Assa'idi selaku rektor Unisnu Jepara dalam pidato pembukaan menyampaikan kepada mahasiswa-mahasiswi baru yang disebut dengan putra putri cendekia, untuk tetap bersungguh-sungguh dan dengan niat yang ikhlas sesuai dengan tujuan awal untuk menjalani serangkaian kegiatan PKKMB.

Setelah itu calon kegiatan dilanjutkan dengan materi-materi yang dilaksanakan di gedung MWCNU Jepara, materi I Ke-Unisnu-an yang dimoderatori oleh Emil Hakim Aba dengan pemateri Mahalli, materi II mengenai Pengembangan Karakter Mahasiswa agar Mempunyai Sikap Sebagai Intelektual dan Arti Kekerasan (Anti Perundungan) Pencegahan Tindakan asusila dan kekerasan seksual di kampus, yang dimoderatori oleh Utari Wahyuningrum dengan pemateri Santi Andriyani. Materi III Pengenalan Perpustakaan dan Literasi dimoderatori oleh Diantia Cahya Rimandani dengan pemateri Suyanto, Materi IV mengenai Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Kurikulum Program Studi, Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta program-program Kampus Merdeka dimoderatori oleh Amin Ridwan dengan pemateri Zainul Arifin.

"Kesan dalam PKKMB ini rasanya senang sekaligus pusing, pusingnya dalam menyiapkan persiapan barang-barang yang dibawa saat PKKMB, tapi senang karena banyak kumpul teman-teman baru dan acaranya juga seru” ucap Ulya Amalia salah satu peserta PKKMB.

(JLF/AIS/LPM BURS@)

0 Comments