KPUM Gelar Debat Terbuka di Bulan Kesibukan



Tahunan- LPM Burs@, Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Unisnu Jepara kembali menggelar Debat Terbuka Calon Presiden & Wakil Presiden dan Calon Gubernur & Wakil Gubernur di Ruangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) lantai 3 pada Sabtu (06/08). 

Acara dengan tema “Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Mahasiswa Demi Nama Baik Unisnu” ini dihadiri oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisnu Jepara, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unisnu Jepara, Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) BEM Fakultas, Perwakilan partai PPMU dan Gemalika, Gubernur Fakultas dan perwakilan ormawa Unisnu Jepara. 

Kegiatan ini dilakukan pada bulan Agustus, dimana pada bulan ini mahasiswa Unisnu Jepara sedang sibuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), liburan semester dan kegiatan lain. Sehingga tak heran kehadiran para calon Debat Terbuka kali ini dapat menjadi sorotan dimana kehadiran pasangan calon tidak lengkap. Hal ini dapat dilihat dari Cagub dan Cawagub BEM Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) tanpa kehadiran Cagub Paslon 1, ketidakhadiran Cagub dan Cawagub BEM Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan ketidakhadiran Capres dan Cawapres Paslon 2. Menanggapi hal ini, salah satu Pengurus KPUM mengatakan “Dari KPUM sudah mensiasati, menghubungi Partai, DPM, maupun calonnya. Mungkin dari kami juga sedikit ndadak juga ya. Karena dari kami juga baru dan ketuanya sendiri juga sedang PPL. Kita terpaku dengan massa. Beberapa kali juga sudah menghubungi partai dan masalah tidak hadirnya calon tadi bukan kuasa dari kami karena kami hanyalah penyelenggara bukan partainya. Jadi mau hadir atau tidak silahkan karena tidak ada konsekuensinya”.  

Rangkaian acara Debat Terbuka dimulai dengan pembacaan tata tertib pada pukul 14.30 setelah sambutan dari Ketua Umum KPUM, Presiden BEM, dan Presidium DPM Unisnu Jepara. Dilanjutkan dengan sesi inti Debat dan Dialog Terbuka secara berurutan dari Cagub dan Cawagub BEM FSH, BEM FTIK, BEM Fakultas FST, BEM Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), dan BEM Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK). Diantara nama nama Cagub dan Cawagub diantaranya: 

1. BEM FSH

Paslon 1

Paslon 2

(Cagub) Muhammad Habibur Zam-zami

(Cagub) Zahri Amin Sabiq

(Cawagub) Azwar Anas

(Cawagub) Yessy Puspita Sari

2. BEM FTIK 

Paslon 1

Paslon 2

(Cagub) Mohamad Irbabul Lubab

-

(Cawagub) Nanda Eka Saputra

 

3. BEM FST

Paslon 1

Paslon 2

-

(Cagub) Waladan As'ada

 

(Cawagub) M. Rifki Nawwaf

4. BEM FEB

Paslon 1

Paslon 2

-

(Cagub) Imroatul Kamila

 

(Cawagub) M. Reza Bayu Setiawan

5. BEM FDK

Paslon 1

Paslon 2

-

(Cagub) Ananda Wahyu Oktavian

 

(Cawagub) Evy Roslina Azzahra

Sedangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yaitu 

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden

Paslon 1

Paslon 2

Capres : M. Hasib Hilmi

Capres : M. Izzun Nidhom

Cawapres : Muftarikhin

Cawapres : Chafid Ulil Yusup

Sesi inti Debat terbagi menjadi empat segmen. Pertama, penyampaian visi dan misi selama 2 menit perpaslon. Kedua, Paslon menanggapi pertanyaan dari fakultas dengan total waktu 12 menit. Ketiga, pertanyaan dari masing-masing paslon dengan total waktu 14 menit. Keempat, pertanyaan dari mahasiswa Unisnu Jepara dengan jumlah total 2 pertanyaan dalam waktu 4 menit. Hal ini seperti pertanyaan yang diajukan oleh Gubernur FDK yang ditujukan kepada Cagub dan Cawagub FTIK mengenai “Bagaimana tanggapan mengenai pisahnya region hijau, dimana region hijau memang sudah terlahir dari beberapa tahun lalu. Untuk paslon, apakah kedepannya tetap berkomitmen region hijau tetap ada tiga fakultas atau terpisah lebih efektif daripada bertiga membangun kebersamaan?”. 

Akhir acara ditutup dengan foto bersama antar paslon, Presiden BEM U, dan DPM. Menanggapi kegiatan ini, Ketua Umum KPUM memaparkan harapan diadakannya kegiatan kali ini “Harapannya Unisnu Jepara bisa menjadi universitas terbaik dengan pemimpin sebagaimana baiknya” ungkap Nurul Syafitri Imron. (BZ/LPMBurs@)

0 Comments