Prodi HKI Unisnu Jepara Gelar HKI’s Youth Camp 2022 : Kembangkan Potensi Bersama Prodi HKI, Menjadi Pemuda yang Berdedikasi dan Penuh Prestasi

 


Pakis Aji-LPM Burs@, Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara laksanakan HKI’s Youth Camp 2022 dengan tema “Kembangkan Potensi Bersama Prodi HKI, Menjadi Pemuda yang Berdedikasi dan Penuh Prestasi” digelar di Bumi Perkemahan (Buper) Pakis Adhi Jepara pada Jumat-Minggu (29-31/07)

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Rektor Unisnu Jepara H. Sa’dullah Assa’idi, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Mayadina Rohmi Musfiroh, Wakil Dekan FSH Hudi, Ketua Program Studi HKI Alfa Syahriar, Ketua Program Studi Perbankan Syariah (PS) H. Miswan Ansori, Direktur LKBH Jepara Muhammad Yusuf, Imron Choeri, Amrina Rosyada, Cahyaning Budi Utami, serta mahasiswa Prodi HKI dan delegasi sekolah tingkat SMA sederajat se-Jepara.

HKI’s Youth Camp merupakan program perdana dari Prodi HKI yang bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswa dan penajaman tentang ilmu hukum baik hukum perdata maupun hukum Islam. Kegiatan yang berlokasi di Buper Pakis Adji tersebut dikonsep dalam bentuk materi dan praktik langsung yang dibimbing oleh narasumber yang tentunya sudah berpengalaman. Ketua panitia saudara Muhammad Rizqi mengungkapkan bahwa tujuan dari HKI’s Youth Camp 2022 ini untuk melekatkan hubungan seluruh mahasiswa lintas semester HKI baik Reguler 1 dan Reguler 2 agar lebih memperdalam tentang Ilmu hukum baik Islam maupun perdata.  

Kegiatan tersebut dimulai pukul 13.00 dibuka langsung oleh Rektor Unisnu Jepara H. Sa’dullah Assa’idi. Kemudian dilanjutkan dengan materi-materi dan praktik langsung diantaranya Baca Tulis Al-Qur’an, Praktik Legal Opinion, Baca Kitab Kuning, Praktik Penulisan Karya Ilmiah, Praktik Beracara Perdata, Praktik Mediasi dan Praktik Ibadah. Selain materi dan praktik, Mahasiswa dan mahasiswi melaksanakan amalan-amalan sunnah seperti Sholat Tahajud, Nadhom Burdah, ngaji subuh dan lain sebagainya. “Ketika hidup kita berjalan tanpa pengabdian, maka mustahil kita bisa hidup sampai sekarang” disampaikan Ketua Prodi HKI dalam kultum subuh HKI’s Youth Camp 2022.



Pada puncak inagurasi HKI’s Youth Camp 2022 diharapkan semua peserta mengikuti penyalaan api unggun yang dihadiri langsung oleh Ketua Prodi HKI dengan tujuan untuk mewujudkan rasa kekeluargaan dan terciptanya solidaritas antar mahasiswa. “Tingkatkan kualitas kalian dalam mengaji, tingkatkan kualitas kalian dalam mengkaji dan tingkatkan kualitas kalian dalam mengabdi karena itu adalah HKI” (Ungkap Ketua Prodi HKI dalam sambutan inagurasi)

“HKI Youth Camp 2022 diinisiasi sebagai ajang untuk silaturahim antara mahasiswa dan mahasiswi Prodi HKI Unisnu Jepara sehingga tercipta solidaritas yang kuat dan juga sebagai media pengembangan softskill dan hardskill mahasiswa guna memanfaatkan waktu liburan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan baik” (ungkap Emil Aba selaku panitia HKI’s Youth Camp 2022).

Sebelum penutupan kegiatan HKI’s Youth Camp 2022, seluruh peserta wajib untuk mengerjakan Post Test seputar materi dan praktik yang telah dilaksanakan agar dapat mengingat kembali apa yang telah didapatkan selama 3 hari kegiatan. “Kesan saya mengikuti kegiatan HKI’s Youth Camp 2022 ini pertama, seneng karena dapat teman baru lintas semester, kedua dapat nambah wawasan, termotivasi juga untuk menghadapi masa depan, ketiga walaupun sakit ditengah-tengah kegiatan tetapi saya tetap semangat”. (ungkap Vania selaku peserta HKI’s Yout Camp 2022)

(FAIZAH/LPM BURS@)



0 Comments