Evaluasi KKL, Prodi PS Adakan Diseminasi


Pecangaan-LPM Burs@, Program Studi Perbankan Syariah (PS) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) laksanakan diseminasi (laporan pertanggungjawaban) kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada Sabtu (12/3) di Dapur Semar Pecangaan, Jepara.

Kegiatan diseminasi KKL diikuti oleh mahasiswa PS  semester 6 baik Reguler 1 maupun Reguler 2,  panitia yang berasal dari jajaran  Dosen Perbankan Syariah,  serta tamu undangan.

Meskipun KKL tahun ini dilaksanakan secara hybrid (daring-luring), namun diseminasi bisa terlaksana secara luring. Melihat tahun kemarin diseminasi tidak terlaksana akibat lonjakan virus Covid-19 kian meningkat. Seperti yang diungkapkan Faiqul Hazmi selaku ketua panitia "Alhamdulillah diseminasi KKL tahun ini dapat terlaksana dengan baik, meskipun untuk kegiatan KKL nya sendiri masih dilakukan secara daring-luring, dimana narasumber daring via zoom dan peserta luring di kampus".

Kegiatan ini pun tidak luput dari hambatan. Hambatan paling menonjol menurut Faiqul Hazmi ialah soal sinkronisasi waktu pelaksanaannya. Mengingat mahasiswa (peserta diseminasi) R2 yang bekerja. "Seharusnya kami laksanakan di hari Sabtu pagi sampai siang hari. Namun mengingat mahasiswa R2 yang bahkan hari Sabtu pun ada yang masih bekerja. Maka kami laksanakan di sore harinya. Mengingat saat ini juga sudah mulai pembelajaran efektif, sehingga kami terkendala untuk menyinkronkan waktunya saja". Tuturnya

Adapun harapan dilakukan diseminasi KKL dalam sambutan kepala Prodi PS Miswan Ansori  "Semoga KKL yang dilakukan kemarin bisa mendapat pengetahuan yang bermanfaat dan pemikiran kalian tidak terkotak hanya di BMT. Namun bisa mengembangkan sesuai pengetahuan yang didapat".

Faiqul Hazmi juga mengungkapkan jika pelaksanaan diseminasi merupakan kegiatan pelaporan pertanggungjawaban KKL sehingga ia berharap jika mahasiswa dapat mengingat materi yang telah disampaikan narasumber serta nantinya dilakukan evaluasi terkait pelaksanaan KKL maupun diseminasi KKL kali ini. (RA/LPM Burs@)

0 Comments