“Pentas Refleksi sebagai Pengembangan Diri dan Kemampuan Berkreasi Generasi Teater Tuman”

 


 Tahunan-LPM BURS@, teater Tuman (Tukul Manfaat) gelar pertunjukan seni bertajuk pentas refleksi pada sabtu (12/02). Teater Tuman memulai aksinya dengan persembahan pentas refleksi dengan judul “Dukun-dukunan” yang disutradarai oleh Ahmad Indra Yudha. Pentas yang diikuti oleh seluruh anggota lama dan baru teater Tuman, akan tetapi dalam pentas refleksi full dilakukan oleh anggota baru, pementasan ini menuai banyak tepuk tangan, karena penampilan yang begitu memukau oleh anggota baru teater Tuman. Kegiatan pentas refleksi diadakan sebagai perecruitan awal anggota baru teater Tuman dalam memasuki dunia kesenian.

 Pentas refleksi teater Tuman 2022 ini banyak mengundang teater-teater luar seperti sesepuh teater Tuman, Teater satus dari kudus, Teater tiga koma, beberapa teater dari SMA dan banyak lainnya. Konsep yang diusung sesuai dengan naskah yang diangkat seperti properti yang digunakan ada gamelan, dan lebih identik dengan Jawa dan Jepara. Dengan mengusung konsep yang kejawen dan memperkenalkan Jepara maka seluruh anggota dalam pementasan mengenakan baju dengan bahan dasar kain tenun, kebaya, dan barang-barang Lainnya yang menunjukkan ciri khas Jawa.

 Pentas refleksi ini mempunyai banyak cerita dalam masa latihan dan proses pematangan konsepnya, mulai dari masalah waktu yang sangat singkat, proses mendalami peran, memahami naskah agar pesan yang disampaikan pemeran dapat tersampaikan ke penonton dan masih banyak lainnya. Akan tetapi itu tidak membuat surut semangat anggota baru teater Tuman, karena Tuman mempunyai arti “Tukul Manfaat” semakin tumbuh akan bermanfaat yang menjadikan alasan semakin semangat dalam belajar dibidang kesenian.

(Maul / LPM Burs@)

0 Comments