Harapan Mencetak Ahli Falak, LKIF adakan DIKLAN


TAHUNAN-LPM BURS@, Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) berkolaborasi dengan PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) adakan Pendidikan Lanjut (Diklan) Ilmu Falak pada, Sabtu (05/22).

Bertempat di Rumah Joglo Semat Tahunan Jepara, kegiatan Diklan kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari Pendidikan Dasar (Diksar) Ilmu Falak yang dilaksanakan pada bulan Januari lalu, berbeda dengan sebelumnya kali ini LKIF menggandeng PMII untuk berkolaborasi dengan harapan pengurus LKIF dan PMII bisa bersama-sama membimbing dan mengarahkan para anggota kader baru khususnya dalam Ilmu Falak.

Mengangkat tema "Mengaktualisasikan Ilmu Falak Di Era Milenial" kegiatan Diklan tersebut diikuti sebanyak 30 peserta yaitu dari Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI), dan Perbankan Syari'ah (PS). Hadir dalam acara Diklan, Hudi selaku Pembina LKIF dalam sambutannya berharap bahwa para peserta bisa memahami materi yang disampaikan sehingga nantinya ada kader-kader baru penerus selanjutnya "Harapan dari Unisnu ada bibit-bibit yg bisa diandalkan Jepara, yaitu dengan adanya kader kepengurusan ilmu falak dalam lima tahun kedepan akan ada kepengurusan yang lebih baik" ungkap Hudi.

Terdapat dua materi dalam kegiatan Diklan tersebut, yang pertama yaitu Menghitung arah Kiblat, materi tersebut ditujukan agar para Mahasiswa yang mengikuti Diklan dapat memahami dan mempraktikkan bagaimana cara untuk menghitung atau mencari arah kiblat. Dan materi yang kedua yaitu, Peneropongan, bertujuan agar para peserta diklan bisa memahami bagaimana cara memasang dan mengoperasikan teropong dengan benar. 

Meskipun terkendala hujan lebat yang mengakibatkan para peserta tidak bisa langsung praktik di luar ruangan, acara tersebut cukup sukses dengan banyaknya para peserta yang hadir. (Isti/LPM Burs@)

0 Comments