Perkenalkan Robotic pada siswa : PT RACER ROBOT INDONESIA DAN IROF Gelar Workshop dan Seminar Robotic

 

ARENA ROBOT : Trainer sedang melakukan test drive robot di arena

Tahunan-LPM Burs@, PT RACER ROBOT INDONESIA dan Indonesia Robotic Center IROF menggandeng Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara adakan Unisnu workshop robotic pada Rabu (15/12). 

Dalam pembukaan workshop, turut hadir Rektor Unisnu Jepara (Sa’dullah Assaidi), CEO PT. RACER ROBOT INDONESIA (Firdiansyah), dan Presidium Indonesia Robotic Center IROF (Muzaki). Dalam sambutannya, Firdiansyah menegaskan “Kita harus menjadi tuan di Negara kita sendiri, terlebih umat NU harus cerdas dan bisa menyumbang ilmu Sains dan Teknologi untuk kemajuan Bangsa". Di moment tersebut Rektor Unisnu Jepara juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT RACER ROBOT INDONESIA. 

 TANDA TANGAN MOU : Rektor Unisnu menandatangani MOU denga PT Racer Robot Indonesia
 

Acara berlangsung sejak pagi hingga sore hari dengan jumlah peserta kurang lebih 120 peserta mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan MA/SMA/SMK sederajat yang tidak hanya dari Jepara tetapi juga dari luar Jepara. Setiap sekolah mendelegasikan 4 siswa yang didampingi guru pendamping dari sekolah masing-masing. Rangkaian dimulai dari pembukaan, pemberian materi programming dan pengodean robot, dan terakhir test drive dimana setiap delegasi mencoba mengoperasikan robotnya. 

TEST DRIVE : Siswa didampingi trainer melakukan test drive robot setelah melakukan coding

Salah satu peserta yang berasal dari MIN Magelang mengungkapkan kegembiraannya mengikuti workhsop robotic “ Iya, saya sangat senang karena diajari bikin robot” tuturnya. Ia juga mengaku bahwa ini merupakan pertama kalinya ia mengikuti event serupa. Perasaan senang juga diungkapkan oleh peserta dari Mts. Tarbiyatul Islamiyah, Jakenan Pati, “Kami sangat antusias karena sebelumnya belum pernah mengikuti acara seperti ini”. Meskipun sempat ada kendala listrik padam, namun acara tetap berjalan hingga akhir. 

Tidak hanya pelatihan pemprograman robot untuk siswa, workshop juga memfasilitasi pendamping dengan seminar "Pentingnya Reskilling Pendidikan Guru Menghadapi Disrupsi di Bidang Pendidikan di Era 5.0" dengan pemateri Firdiansyah dan Abdul Rozaq. Workshop ini ditujukan untuk meperkenalkan dunia robotic kepada pendamping agar mereka juga mendampingi siswanya untuk mengembangkan potensi dibidang robotic.


SEMINAR : Pemateri memaparkan materi bagi pendamping siswa tentang robotic

Diakhir acara, ada sesi penghargaan untuk siswa dengan programming robot terbaik yakni juara 1 MI Mathalibul Huda Mlonggo, juara 2 MIN 1 Magelang dan juara 3 MI Darul Hikmah untuk kategori SD/MI. Untuk kategori MTs/SMP diraih oleh MTs Matholi'ul Huda Troso sebagai juara 1, juara 2 MTs. Sunan Muria, dan juara 3 MTs Miftahul Huda Bulungan, serta tingkat MA/SMA/SMK jatuh kepada SMK walisongo sebagai juara 1, kemudian menyusul MA Zumrotul Wildan, dan MA Darul Hikmah Menganti. (Ela/LPM Burs@)

APRESIASI : Siswa memegang piala Rektor sebagai bentuk apresiasi bagi yang memperoleh nilai dan kecepatan tertinggi.

 

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara