Menjaga Eksistensi Ormawa di Era Pandemi, BEM Gelar Gathering Ormawa 2021

TAHUNAN - LPM BURS@, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nahdlatul Ulama adakan acara Gathering Ormawa, Ahad 08 Juli 2021 bertempat di Aula FTIK Lt. 3 Unisnu Jepara.

Gathering berasal dari Bahasa Inggris yang berarti berkumpul. Gathering ormawa adalah momen dimana ormawa-ormawa Unisnu, baik internal maupun eksternal berkumpul. Kegiatan yang di ikuti Ormawa (Organisasi Mahasiswa) ini mengangkat tema “Transformasi Organisasi di era pandemi”. Uli selaku Wakil Presiden BEM mengatakan pandemi yang saat ini masih terus terjadi di Indonesia, berpengaruh pada segala bidang kehidupan. Mulai dari ekonomi, pendidikan, sosial dan lain-lainnya. Ormawa tentu sangat merasakan dampaknya. Jika dalam kondisi normal ormawa bisa bebas melakukan Program Kerja (progja) apa saja tanpa ada aturan ketat seperti prokes yang harus dipatuhi sebagai upaya pencegahan penularan virus covid-19. Inovasi yang diciptakan lebih beragam. Namun, karena pandemi maka pelaku organisasi seperti pengurus ormawa harus memutar otak. Bagaimana cara agar ormawa bisa berjalan aktif dan baik meski pandemi. Maka ada suatu proses transformasi berupa upaya-upaya yang diciptakan di tengah pandemi seperti sekarang, sebagai wujud ormawa menjaga eksistensinya.

Andi, selaku ketua panitia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi antar Ormawa dan melakukan sistem evaluasi yang sesuai dengan tema dengan bertransformasi merumuskan strategi yang baik untuk membawa organisasi agar dapat dapat disesuaikan dengan seluruh elemen mulai dari sistem, struktur, culture di organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan selaras dengan visi misi organisasi.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 50 Ormawa. Mulai dari internal yaitu DPM, BEM F, UKM, UKK, HMPS, dan eksternal yaitu PMII 5 rayon. Dengan masing-masing ormawa 1 delegasi.

“harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini, beberapa rekomendasi yang sudah kami atau pengurus lama berikan kepada pengurus baru nantinya akan dijalankan untuk perbaikan ormawa itu sendiri sebagai bentuk evaluasi-evaluasi dari kurangan-kekurangan ormawa sebelumnya agar dapat diperbaiki oleh ormawa-ormawa di periode setelahnya”. Ungkap Lutfiani, selaku peserta dalam kegiatan ini.  

Terdapat dua Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Anjas Pranowo (Duta icon pancasila 2019) dan M. Khoirul Annas (Koordinator daerah bemnus 2021/2022) dan dilanjutkan sesi kedua setelah ISOMA (Istirahat, Sholat, dan makan) dari panitia menyediakan forum yang difasilitatori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Lalu membagi kelompok untuk intropeksi organisasi seperti mengetahui kinerja dari seluruh ormawa dan memberikan masukan serta evaluasi dan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan ormawanya pada masa-masa seperti ini. (DSA/LPM Burs@)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara