Penentuan 1 Syawal 1442 H LKIF Unisnu Jepara

 



UNISNU Jepara - Menjelang hari Raya Idul Fitri Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) dan Lajnah Falakiyah Kabupaten Jepara melakukan Rukyatul Hilal guna menentukan 1 Syawal 1442 di Balai Rukyatul Hilal Pantai Semat, Jepara pada Selasa (11/5). Kegiatan Rukyatul Hilal ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) UNISNU Jepara. Kegiatan ini diliput pula oleh beberapa media dan stasiun TV nasional. 

“Pengamatan dilaksanakan sore hari dan ada sekitar 40 orang yang mengikuti kegiatan tersebut, di antaranya mahasiswa Fakultas Syariah Dan Hukum yang tergabung dalam Unit Kegiatan Khusus Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF), serta hadir pula Bapak Hudi sebagai pembina LKIF dan para wartawan yang meliput kegiatan Rukyatul Hilal tersebut” ujar Ketua LKIF Khoirul Ummah.

Bapak Hudi, dosen Fakultas Syari’ah Unisnu Jepara, menjelaskan bahwa dari seluruh wilayah Indonesia, pengamatan Rukyatul Hilal pada hari ini diragukan akan terlihat. Karena, posisinya masih berada di bawah ufuk sekitar -3°40'09,83" (dibawah ufuk) sampai 3°39'58,24"(dibawah ufuk). Selain itu kondisi mendung juga membuat hilal sulit terlihat. Sedangkan untuk penentuan awal bulan diputuskan ketika hilal sudah berada di atas ufuk baru kelihatan, dan itu tanda sudah memasuki pergantian bulan. 

Dari hasil pengamatan yang dilakukan, kemungkinan besar hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari kamis, 13 mei 2021. Meskipun demikian, penentuan 01 Syawal 1442 tetap menunggu keputusan pemerintah melalui sidang itsbat.


(Dewi/lpm Burs@)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara