Pelatihan Praktik Rukyatul Hilal Lembaga Kajian Ilmu Falak



Menjelang bulan Ramadhan Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) melakukan praktik pengamatan Rukyatul Hilal guna menentukan 1 Ramadhan 1442 di Desa Pantai Semat, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Sabtu (9/4).  

Ilmu falak atau dikenal dengan ilmu (Astronomi) merupakan ilmu untuk mempelajari lintasan benda-benda langit seperti bumi, bulan, matahari dan lainnya.

“Pengamatan tersebut dilaksanakan sore hari dan ada sekitar 21 orang yang mengikuti kegiatan tersebut, diantaranya Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum serta  hadir pula bapak Hudi sebagai pembina LKIF dan para wartawan yang nantinya akan ikut meliput kegiatan rukyatul hilal tersebut” ujar Ketua umum Khoirul Ummah.

Menurut prediksi ketinggian bulan sabit berada pada 3,7° derajat . Pemerintah dalam penentuan awal bulan Ramadhan biasanya diputuskan ketika posisi ketinggian hilal minimal 2 derajat yang nantinya akan menjadi penentu awal bulan Ramadhan. Pengamatan tersebut dilaksanakan guna melihat hilal sebagai penentu awal ramadlan senin besok. Karena jika pada hari senin besok ketinggian bulan sabit sudah terlihat di sore hari yaitu ketika pergantian matahari terbenam maka awal Ramadhan terjadi pada hari selasa. Namun jika tidak maka awal bulan Ramadhan akan terjadi pada hari rabu menurut penyesuaian perhitungan yang ada di kalender yaitu genap 30 hari.

Adapun titik pelaksanaan rukyatul hilal di Jepara akan dilakukan di 3 lokasi di Jepara yaitu Pantai Kartini, Pantai Semat, dan Sumosari Batealit.

“Diharapkan saat pengamatan berlangsung pada hari senin cuaca dapat mendukung sehingga pengamatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan semoga pemerintah juga dapat segera mengumumkan secara tepat penentuan awal bulan Ramadhan terjadi dihari apa.” Ujar Hudi.

Novita/LPM Bursa

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara