Tingkatkan Kepedulian Lingkungan WAPALHI Revitalisasi Hutan Magrove Pesisir Jepara III


JEPARA (14/03/2021)- Wahana Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (WAPALHI) FSH UNISNU Jepara mengadakan kegiatan dengan tema “Peningkatan Kepedulian Lingkungan Melalui Pemanfaatan Magrove Sebagai Upaya Penanganan Abrasi Pesisir di Era Pandemi.” Kegiatan dilaksanakan di Desa Bulak Baru Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Untuk kegiatan awal open ceremony dengan perangkat desa yaitu Bapak Petinggi selanjutnya dengan Dekan yang diwakili Oleh Bapak Hudi dan juga Bhabinkamtibmas untuk keamanaan selama kegiatan. Acara ini berlangsung dari pagi hingga siang. Acara ini diikuti oleh seluruh anggota WAPALHI dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dengan biopori (untuk mempermudah penanaman) dan ajir (alat penegak/cagak) sebagai alat untuk menanam magrove jenis Rhizophora berfungsi untuk penghalang angin yang berlebihan agar tidak masuk kepermukiman warga. Wapalhi juga menyediakan stok 7000 bibit magrove rhizophora untuk sebagian ditanam, sebagian disimpan untuk penyulaman ketika ada pohon yang mati, nanti bisa melakukan penyulaman lagi.

 “Kegiatan dilakukan karena ini jiwa-jiwa wapalhi dibidang menjadikan konservasi lingkungan, untuk lingkungan Jepara yang seperti itu. Kita harus bergerak untuk menyelamatkan lahan, terutama di Desa Bulak Baru karena tingkat abrasi yang sangat tinggi.” Ungkap Raha ( Ketua WAPALHI).

(Zeni/Lpm_Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara