Skip to main content

Membuka Pintu Dunia Kerja, FSH Siapkan Mahasiswanya Melalui Talk Show



Ketika kita akan mencari atau mendapatkan kerja, itu pintunya adalah di CV dan Interview Kerja. Maka dari itu Islamic Business & Investment Consulting (IBIC) menggandeng BEM dan Ormawa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Unisnu Jepara mengadakan Talk Show Tips &Trik guna lebih mempersiapkan calon wisudawan-wisudawati FSH memasuki dunia kerja.

UNISNU-(20/03) Islmic Business & Investment Consulting (IBIC) menggandeng BEM dan Ormawa Fakultas Syariah dan Hukum mengadakan Talk Show terkait Tips & Trik Pembuatan CV dan Interview Kerja. Kegiatan yang bertempat di Ruang Seminar Pascasarjana Unisnu Jepara ini merupakan suatu upaya yang ditujukan untuk mempersiapkan Calon Wisudawan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum dalam menghadapi dunia kerja. Seminar ini diikuti sebanyak 50 Mahasiswa.

“Ketika kita akan mencari atau mendapatkan kerja, itu pintunya adalah ada di CV dan Interview Keja. Ketika kita gagal membuat CV atau membuatnya tidak menarik, maka potensi untuk mendapatkan kerjanya juga semakin kecil. Atau ketika kita diundang untuk interview kerja, kemudian kita tidak mampu melampauinya degan baik, kegiatan ini menjadi latar belakang yang kemudian kami merasa untuk butuh mengondisikan agar bagaimana mahasiswa ketika lulus dari bangku perkuliahan bisa menghadapi dunia kerja diawali dengan pembuatan CV yang menarik dan dapat lolos interview kerja”, Pungkas Ahmad Fauzan Mubarok, selaku penyelenggara kegiatan.

Amrina Rosyada, selaku dosen dan pengisi acara seminar pagi ini berhasil mengemas materi pertama terkait Tips & Trik Pembuatan CV dan Summary Lamaran Kerja. Dalam sajian materinya, beliau menyelipkan motivasi-motivasi membangun tekait aneka rasa menjadi mahasiswa. Bahwa tempat berjuang boleh sama, tetapi menikmati hasil masing-masing orang bisa berbeda. Tekait materi utama yang beliau sampaikan dalam kesempatan ini adalah Tips dan Trik Pembuatan CV, manfaat CV, juga berbagai jenis surat lamaran kerja.

“Selain sebagai Dosen dan Pengisi acara dalam seminar ini, beliau juga merupakan praktisi yang memiliki pengalaman bekerja di luar bidang keilmuannya. Hal ini merupakan salah satu pesan kepada mahasiswa bahwa ketika mencari kerja nanti tidak selamanya harus sesuai dengan bidang keimuan namun juga bisa di yang lainnya”, ungkap Ahmad Fauzan selaku penyelenggara acara.

Pengisi materi seminar kedua, Rissa Marina Widodo, selaku SDM, Umum dan Keuangan PT Adhiguna Putra PLTU Tanjung Jati B Jepara dengan pengalaman beliau tekait interview pelamar kerja juga berhasil mengemas materi kedua terkait interview kerja dengan sukses. Beliau memaparkan tekait proses rekrutmen kerja dan tips dalam interview kerja, sharing session, dan praktik interview kerja.

Di akhir acara ini diadakan give away untuk lima peserta yang berani tampil di depan untuk mempraktikkan keilmuan yang telah didapat, baik itu dalam hal praktik pembuatan CV maupun interview kerja. Diadakan pada masa pandemi, kegiatan ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat, memakai masker, menjaga jarak, dan juga membatasi jumlah peserta maupun panitia yang telibat.

“Menurut saya acara ini baik dan sangat bemanfaat. Karena saya mendapat banyak wawasan baru dari para pemateri yang sudah berpengalaman dalam bidangnya dan juga motivasi-motivasi untuk menyiapkan diri menghadapi dunia kerja nantinya”, tutur Uun Nikmatul Maulidiyah salah satu peserta dalam seminar tersebut.

 

 (Anny_LPM Bursa)


Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Unsur Layak Berita

Setelah kemarin kita belajar tentang cara menulis berita sekarang saya akan membagikan mengenai tulisan yang layak disebut berita. karena tidak semua tulisan bisa disebut berita. ada beberapa unsur yang membuat tulisan tersebut layak disebut berita. menurut kode etik Jurnalistik Wartawan Indonesia pasal 5 yang berbunyi “Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisan berisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya” . (Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat, 2006:47) Dari ketentuan yang ditetapkan Kode Etik Jurnalistik itu menjadi jelas pada kita bahwa berita harus cermat dan tepat atau dalam bahasa jurnalistik harus akurat. Selain itu berita juga harus lengkap, adil dan berimbang. Kemudian berita juga tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri atau dalam bahasa akademis disebut objektif. Berita itu juga harus