Menumbuhkan Semangat Kreatifitas Mahasiswa, LPPH dan HMP PS Adakan Kumpul Millenial Series 3

Dalam upaya melanjutkan rangkaian acara Kumpul Millenial Series, untuk mendukung dan menguatkan kader dalam berkompetisi, LPPH dan HMPS PS, menggelar acara Seminar Kumpul Millenial Series ke-3 di ruang 3A Gedung FTIK, Minggu (24/1). Tema yang diangkat adalah Mencetak mahasiswa yang inovatif dan produktif melalui PKM menuju PIMNAS. Acara ini diikuti sekitar 37 peserta khusus Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum.

Kumpul Millenial kali ini, merupakan series yang ketiga setelah diadakan dua acara sebelumnya yaitu Kumpul Millenial Kelas Debat dan Kumpul Millenial Kelas Essay. Dengan menggandeng  narasumber  Bu Nurdian Susilowati S. Pd., M.Pd yang merupakan reviewer PKM dan dosen dari UNNES Semarang dan bintang tamu Afif Faisal Bahar dan Latifatus Sania yang merupakan mahasiswa berprestasi yang pernah masuk MONEV dalam pembuatan PKM

oleh Dikti.

Dalam pembahasan yang diberikan, bu Nurdian membahas banyak hal tentang seluk beluk PKM, macam macam  PKM serta penyusunan PKM yang benar secara virtual. Beliau juga menyampaikan bahwa membuat PKM  adalah hal yang mudah-mudah sulit tapi semua mahasiwa bisa membuatnya.

“Setiap mahasiwa itu bisa membuat PKM, mungkin memang ada kesulitan dalam penyusunan PKM tapi jika kita tahu sistematika yang tepat maka kesulitan itu bisa diatasi dengan mudah “ ujar Bu Nurdian. Selain itu ia juga menambahkan bagaimana cara mendapatkan ide dalam penyusunan pkm. “Untuk memulai sebuah PkM dibutuhkan ide yang kreatif, karena pkm itu bermacam macam. Jadi mahasiswa harus tahu PKM yang tepat bagi ide yang dimilikinya.” Terangnya. Sementara itu dari Mahasiswa Afif dan Sania, keduanya memberikan pengalaman mereka soal bagaimana proses mereka dalam pembuatan pkm  “Yang utama itu semangat, kita harus percaya diri pada ide dan PKM yang kita buat. Jangan patah semangat karena pasti dalam pembuatan pkm ada masalah masalah yang terus terjadi “ cerita afif dan sania.

Salah satu peserta bernama Erni mengatakan bahwa dengan mengikuti acara kumpul milenial memberikan banyak sekali manfaat terutama dalam bagian pemahaman soal PKM. Erni menambahkan dengan acara ini menumbuhkan rasa percaya diri dari mahasiwa untuk membuat PKM. Menurutnya jika sudah mengetahui cada penulisan yang baik dan benar dengan pedoman yang tepat maka semua mahasiswa bisa membuat PKM.

(Afifatun/Lpm_Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara

Resensi Novel Matahari diatas Gilli