Pentingnya Sikap Kekeluargaan dalam Pelaksanaan Pradiksar Menwa




Resimen Mahasiswa Batalyon 956 Singa Padang Pasir UNISNU Jepara, melaksanakan Kegiatan Pra Pendidikan Dasar (PRADIKSAR) pada tanggal 30 Oktober 2020 sampai 02 November 2020 yang bertempat di area Kampus UNISNU Jepara dan sekitarnya. Tujuan diadakannya PRADIKSAR ini adalah untuk memberikan pembekalan materi kepada calon anggota Menwa akan Pendidikan Dasar (DIKSAR) yang dilaksanakan pada tahap selanjutnya di RINDAM IV DIPONEGORO Magelang. Di PRADIKSAR ini mereka diajarkan berbagai macam teori maupun praktik, mulai dari kegiatan interaktif di dalam kelas hingga kegiatan fisik di lapangan. Dengan semboyan  “Widya Castrena Dharma Siddha” yang artinya “penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan”, calon anggota menwa diharapkan mampu berpikir dinamis dan strategis di dalam menghadapi berbagai situasi. Kegiatan ini dibuat sepadat mungkin dalam waktu kurang lebih 3 hari. Materi yang diberikan yaitu Kepemimpinan (leadership), Etika Resimen, Pengetahuan Dasar kemiliteran, Pengetahuan senjata ringan, Pertolongan pertama dll. Fisik calon Anggota Menwa  ditempa setiap harinya dengan Bimbingan Jasmani Militer (Binjasmil), push up, sit up dan lain sebagainya. Tidak lupa kesehatan para anggota senantiasa di cek secara berkala untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi di masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini, peserta, panitia dan pihak-pihak yang terlibat diwajibkan untuk senantiasa mematuhi Protokol Kesehatan yakni, memakai masker, menjaga jarak serta senantiasa mencuci tangan.
Kegiatan Pradiksar ini diikuti oleh 10 mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di Unisnu Jepara. Kegiatan ini juga melibatkan Kodim Jepara, SAR Jepara, dan Alumni-Alumni Menwa yang ikut berpartisipasi demi suksesnya acara. Dalam seremonial pembukaannya, acara ini juga dihadiri oleh Koramil Tahunan, Polsek Tahunan, dan berbagai UKK dan UKM kampus setempat.
Adapun Output yang diharapkan dalam kegiatan Pradiksar ini adalah untuk melatih fisik, mental, dan pemahaman seputar bela negara. "Selain itu, kami juga selalu mengingatkan akan rasa persaudaraan pada masing-masing anggota, sehingga ketika salah satu di antaranya hampir tertinggal dari proses, hal ini akan sangat membantu dengan saling memberikan semangat antar anggota agar tercapai hasil yang diharapkan", ungkap Yoga Prasetya Utama selaku Komandan Batalyon 956 UNISNU Jepara 2020-2021.

(Musa/LPM Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara

Ketua Cabang PMII Respon Statement Ketua DPC GMNI Jepara soal Organisasi Eksternal Kampus