Internasional Webinar untuk Pengembangan Potensi Waqf dan Infaq

 

Selasa, 15/09/20. Prodi Perbangkan Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, Unisnu Jepara menyelenggarakan international webinar melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung di akun youtube Fakultas Syariah dan Hukum. Dengan tema The Role of Islamic Financial Institutions in The Management of Waqf and Infaq for Community Economic Empowerment, webinar kali ini terbuka untuk masyarakat umum dan dikhususkan untuk Mahasiswa Jurusan Perbangkan Syariah.

Salah satu dasar diadakannya webinar dengan dua tema besar yakni waqaf dan infaq ialah “dari besarnya potensi dari waqaf dan infaq yang dimiliki umat Islam dan berbagai negara dengan jumlah umat Islam yang besar didunia ini masih ditemukannya masalah, problematika, dan berbagai tantangan-tantangan. Salah satu problematika ialah minimnya kemampuan tata kelola sekaligus manajemen dari  waqaf dan infaq yang sebetulnya memiliki potensi terbesar untuk memajukan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat” tutur Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Ibu Mayadina dalam sambutannya.

Webinar ini diisi oleh pembicara dari berbagai tokoh dan praktisi. Sebagai pembicara pertama yakni Assoc. Prof. Dr Nurhidayah Muhammad Hasyim selaku Dekan Akademi Studi Islam Kontemporer, UiTM Malaysia yang memaparkan presentasi tentang manajemen waqaf dan infaq di Malaysia. Untuk pembicara kedua dari CEO Bank Infaq dan ketua komunitas ekonomi syariah yakni Rezza Arief Budy Artha, S.Sos, MBA. Yang memaparkan penjelasan tentang manajemen infaq di bank infaq. Dan pembicara ketiga Tias Retnani selaku deputi pengawasan LJK 3 dan Perizinan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY yang memaparkan tentang Syarat dan hukum dari waqaf dan manajemen infaq. Dan hadir juga sebagai pembicara utama yakni Dr. H. Sandiaga S. Uno, B.B.A., MBA. 

Permasalahan permasalahan lain pun turut disampaikan oleh pembicara dalam webinar ini, untuk lebih jelasnya terkait pembahasan dari permasalahan waqaf dan infaq yang dipaparkan oleh pembicara bisa dilihat dari video hasil live streaming webinar di akun youtube fakultas syariah dan hukum. https://www.youtube.com/watch?v=Zr6SnAlzUnQ 

(Fajar/LPM Bursa)

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Lirik Lagu MARS UNISNU Jepara

Ketua Cabang PMII Respon Statement Ketua DPC GMNI Jepara soal Organisasi Eksternal Kampus