Para Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Ikuti Pembekalan KKL

bu Mayadina sedang memberikan pesan dan pengarahan kepada mahasiswa fakultas Syariah saat pembekalan KKL di ruang 1A ( Jumat, 3/2)

 
Jum’at (3/2) para mahasiswa fakultas Syariah dan Hukum mengikuti pembekalan yang diadakan oleh fakultas. Pembekalan ini dilakukan di ruang 1A Gedung Hijau UNISNU Jepara. Pembekalan ini diisi oleh para dosen dari fakultas Syariah yaitu bu Mayadina yang juga menjabat sebagai dekan fakultas Syariah, pak Hudi sebagai wakil dekan fakultas Syariah, pak Husni sebagai ketua Prodi Al-Ahwal Asy-Syakhsiyah dan pak Nur Kholis. Tidak hanya mahasiswa reguler 1 tetapi juga mahasiswa reguler 2 yang mengikuti pembekalan KKL ini. 

Sebagai dekan fakultas Syariah bu Mayadina menyampaikan bahwa kegiatan KKl ini dilakukan untuk mengunjungi tempat yang sesuai dengan kompetensi mahasiswa fakultaas Syariah yaitu dengan mengunjungi Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta. Sebelumnya mahasiswa fakultas Syariah yaitu mahasiswa semester dulu juga pernah melakukan kunjungan serupa seperti mengunjungi PTA Surabaya, PTA Semarang dan MK. 

“Setiap PTA memilki ciri khas atau keunikan-keunikan tersendiri sehingga nanti saya harapkan kunjungan nanti para mahasiswa bisa mengkaji keunikan-keunikan tersebut” tambah beliau. Selain itu juga beliau berharp para peserta KKL bisa mengikuti kegiatan tersebut secara utuh dan penuh tanggung jawab. Tidak hanya itu beliau juga menambahkan agar para mahasiswa bisa menjaga sopan santun, etika dan juga menjaga nama baik almamater. Beliau juga menyampaikan jika sebagai peserta KKL memiliki hak dan kewajiban yang harus ditaati. Karena jika kewajiban-kewajiban tersebut dilanggar maka peserta KKl akan mendapat sanksi. 

Sedangkan pak Husni memberikan materi tentang  struktur KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yang terdiri dari peserta, dosen pembimbing lapangan, organisasi pelaksana dan mitra kerjasama. Untuk peserta KKL yaitu mahasiswa fakultas Syariah dan Hukum semster V baik itu reguler satu maupun dua. Peserta ini akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan setiap kelompok didaampingi oleh dosen pembimbing lapangan. Untuk tahun ini peserta kelompok dibagi menjadi empat kelompok. Untuk organisasi pelaksana ini merupakan panitia pelaksana untuk memperlancar kegiatan KKL ini.

Untuk sistematika penulisan laporan disampaikan oleh bapak Nur Kholis. beliau menjelaskan tentang sistematika penulisan yang sudah ada di buku panduan. Beliau menjelaskan secara rinci mengenai hal apa saja yang harus diketahui selama di sana dan juga data apa saja yang diperlukan untuk membuat laporan. Beliau juga mengingatkan kepada para peserta KKL untuk membuka website PTA Yogyakarta sebagai bahan acuan untuk membuat pertanyaan di sana. 

Setelah pemberian materi selesai, para mahasiswa diberikan waktu untuk berdiskusi dengan kelompok dan dosen pembimbing lapangan setiap kelompok. Hal ini bertujuan untuk membentuk struktur tiap kelompok dan rencana yang akan dilakukan saat ada di sana. Setiap dosen pendamping memberi penjelasan tentang apa saja yang perlu dipersiapka dan dilakukan saat melakukan observasi di PTA Yogyakarta (Sri Pujiati).

0 Comments