Menwa Gelar Pelatihan Bela Negara


bapak Suyanto yang menjadi inspektur upacara memberikan tanda penyematan kepada salah satu peserta pelatihan bela negara dan bakti sosial di lapangan UNISNU (Jumat, 16/12 2016)

UNISNU- Jumat, (16/12) bertempat di lapangan olahraga UNISNU Jepara acara pembukaan pelatihan Bela Negara dan bakti sosial dilakukan. Pembukaan yang dihadiri oleh Kapolres, Kodim, pembina Menwa dan juga perwakilan dari BEM, UKM dan UKK yang ada di UNISNU. Pembukaan kegiatan ini juga diikuti oleh para siswa-siswa SMA sederajat yang ada di kabupaten Jepara. Para siswa tersebut juga yang akan mengikuti pelatihan Bela Negara dan bakti sosial. 

Dalam pembukaan tersebut, bapak Suyanto selaku pembina dari Resimen Mahasiswa (Menwa) 0956 Padang Pasir UNISNU menyampaikan bahwa bela negara itu sangat karena bela negara tersebut sebagai bentuk untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan. Beliau menyampaikan saat beliau menjadi inspektur upacara dalam pembukaan tersebut. Beliau menyampaikan hal tersebut di depan para peserta upacara yang mengikuti dengan khidmad. Sebagai inspektur upacara beliau juga menyematkan tanda kepada perwakilan peserta yang dipilih. 

Setelah pembukaan tersebut para peserta segera menuju ke kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Kegiatan pelatihan ini memang akan berlangsung selama tiga hari yaitu mulai hari Jumat, 16 Desember 2016 hingga Minggu, 18 Desember 2016. Untuk hari pertama ini para peserta akan diberi materi tentang jungle rescue dan praktik repling yaitu mendaki dinding sepanjag 15 meter yang didampingi langsung oleh anggota Basarnas
Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Menurut salah satu peserta yang bernama Sabila dia sangat senang mengikuti kegiatan ini. Meski dia merasa agak ketakutan saat melihat temannya yang turun dari dinding repling tersebut. Dia yang berasal dari SMK Fadlun Nafis Bangsri mengaku baru pertama kali mengikuti kegiatan ini. Namun sekolah yang berdiri tiga tahun ini sudah dua kali mengirim para siswa untuk mengikuti kegiatan ini. Siswi yang baru duduk di kelas 10 dan masuk di jurusan farmasi mengaku ingin mneikmati kegiatan yang akan dilakukan nanti. 

Dari keterangan komandan Menwa, Arif Rahman Hakim kegiatan yang akan berlangsung tiga hari ini akan diisi materi tentang wawasan Bela Negara, wawasan Nusantara yang akan dilaksankan pada Sabtu esok di markas Kodim Jepara. Sedangkan di hari Minggu nanti akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial di desa Mindahan. Kegiatan bakti sosial ini akan diisi dengan menanam pohon bersama warga dan juga gotong royong membersihkan gorong-gorong. Dia juga mengaku bekerjasama dengan Perhutani untuk mengadakan bibit pohon yang akan ditanam di desa Mindahan (R/S Sri Pujiati).

0 Comments