Sudahkah Kita Mengikuti Jejak Pahlawan?



Tanggal 10 November merupakan hari yang penting bagi bangsa Indonesia karena pada tanggal ini diperingati sebagai hari Pahlawan. Tanggal ini diperngati untuk emngingat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pertempuran yang terrajdi di Surabaya dan dipimpin oleh Bung Tomo ini berhasil memukul mundur pasukan penjajah. Bahkan pimpinan pasukan sekutu yang bernama Jenderal Mallaby tewas. Pertempuran tersebut begitu membekas dan diingat oleh rakyat Inndonesia karena semangat yang dikobarkan bung Tomo begitu berkobar sehingga mampu membakar semangat para pejuang. 

Hingga sekarang tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahhlawan sebagai bentuk penghargaan kepada perjuangan para pahlawan. Mereka rela mengorbankan darah, harta dan juga lelah mereka untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. karena kemerdekaan Indonesia tidak diraih begitu saja tetapi harus melalui perjuangan yang begitu lama dan begitu keras. Sehingga para pejuang begitu bersemangat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Sebagai generasi muda ini sudahkah kita  mengikuti jejak para pahlawan yang begitu giigih mempertahankan kemerdekaan Indonesia. apakah kita sudah mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-hal yang positif dan beranfaat untuk negeri ini. Apakah kita sudah benar-benar berjasa untuk negara ini. Pertanyaan-pertanyaan itulah  yang  seharusnya kita jawab dengan perbuatan dan tindakan nyata yaitu memberikan kontribusi untuk negeri. Bukan karena kita sudah merdeka kita jadi bebas untuk melakukan apa pun sesuka hati kita. 

Sekarang kita hidup dalam era ekmerdekaan, di mana kita bisa menghirup udara kebebasan tanpa harus dihantui dengan ketakutan. Kebebasan dan kemerdekaan kita tidak kita terima begitu saja tetapi kemerdekaan ini adalah hasil perjuangan para pahlawan yang tidak pernah berhenti berjuang hingga kemerdekaan itu diraih. Sudahkah kita mengingat perjuangan mereka yang begitu gigih mempertahankan negeri ini dari serangan penjajah. Pernahkah kita merenung sejenak tentang kemerdekaan yang kita rasakan saat ini?

Menghargai pahlawan tidak hanya mengetahui nama mereka dan mengetahui sejarah tentang mereka. Tetapi juga mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan mereka yang begitu gigih dan semangat mereka yang begitu besar. Di era kemajuan zaman sekarang ini, perjuangan kita bukan memegang pedang dan berperang secara fisik. Namun kita bisa menyumbangkan pikiran dan tindakan untuk negeri ini. Kita harus meneruskan perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan nyawa, harta demi tanah air tercinta. 

Apakah kita sudah meniru jejak pahlawan yang rela berkorban, mengorbankan segalanya untuk negeri ini. Tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Namun memiliki semangat yang begitu tinggi untuk membela negeri ini. Apakah kita pernah berpikir tentang apa yang telah kita berikan untuk negeri ini. Negeri yang telah kita tempati sejak kita lahir ke dunia ini. Negeri yang telah memberi kita sejuta keindahan, kekuatan dan semua yang kita perlukan untuk tetap bertahan hidup. 

Ir. Soekarno pernah berkata, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya. Jika kita bisa menghargai perjuangan para pahlawan dan mengikuti tindakan mereka maka bangsa kita bisa menjadi bangsa yang besar. John F.Kennedy juga pernah menyatakan “Jangan bertanya tentang apa yang negerimu berikan untukmu tetapi tanyakanlah apa yang kau berikan untuk negerimu”. Kalimat itu mengandung arti bahwa sebagai warga negara kita harus bisa memberikan sesuatu untuk negeri kita. (Sri Pujiati)

0 Comments