LPM BURSA Bekali Reporter Muda Dengan Ilmu Desain Grafis

Pembimbing memberikan arahan cara mendesain yang mudah  kepada para peserta Pelatiahan Desain Grafis LPM BURS@. Sabtu (26/3)

Sabtu, (26/3) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) BURS@ Fakultas Syari’ah dan Hukum UNISNU Jepara Lakukan pelatihan Desain Grafis untuk anggota LPM BURS@ yang meliputi pelatihan desain dasar bagi setiap anak jurnalis untuk pembekalan individu masing-masing dalam dunia kreatifitas desain yang dilaksanakan di ruang Lab. Komputer (Lantai 2) Gedung Hijau UNISNU Jepara.

Acara yang dihadiri oleh anggota LPM BURS@ dan juga perwakilan dari Organisasi Mahasiswa UNISNU ini di bimbing langsung oleh Zainudin (Tenaga Ahli LPM BURS@)  yang mana beliau merupakan seseorang yang sudah ahli dalam bidang desain grafis yang dalam pelatihan ini para peserta sangat berantusias sekali mengikuti acara tersebut sampai selesai.

Di dalam dunia kejurnalistikan anggota diharapkan bisa mendesain, entah itu dalam pembuatan pamflet, banner, majalah, buletin, koran tempel dan lain lain. “Kita adalah seorang jurnalis yang diharapkan dapat mencurahkan pikiran atau pesan seseorang lewat tulisan, akan tetapi kita juga harus bisa mencurahkan pikiran dan pesan kita kehalayak rame dengan sebuah kreatifitas desain untuk menambah seni didalam penyampaiannya tersebut, banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari ilmu desain itu, kita bisa menambah kretifitas kita, menambah ilmu berkomunikasi lewat desain visual yang ketika hanya melihat saja orang itu sudah faham dan lain sebagainya” tutur Pimpinan Umum (PU) LPM BURSA 2015/16 Saudara (Ailm).

Lpm burs@ sendiri melakukan pelatihan ini supaya setiap anggota LPM BURS@ yang ada ini bisa menguasai ilmu desain, jadi yang mereka miliki itu tidak hanya ilmu tentang wawancara, menulis, akan tetapi harus juga bisa mengembangkan kreatifitas melalui desain grafis ini.

Didalam jalannya sebuah roda lembaga pers, para anggota yang ada didalamnya dituntut harus bisa menguasai segala bidang keilmuan yang ada sangkut pautnya dengan media informasi, seperti harus bisa mengunakan internet (Media Sosial) untuk mempublikasikan berita, membuat ucapan ucapan selamat dari desain, serta mampu melay out karya media cetak yang menjadi identitas lembaga pers tersebut “Didalam lpm bursa, anggota harusbisa menguasai segala ilmu media informasi, yang didalamnya meliputi medsos, surat kabar dan seluk beluk didunia pers. jadi mumpung kalian masih menjadi anggota, maka mintalah semua ilmu itu pada pimpinan kalian” Imbuh Pembimbing Pelatihan Desain grafis (Zainudin).

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata letak.

Pelatihan Desain Grafis sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, karena media komunikasi visual merupakan media penyampaian informasi yang efektif untuk tujuan internal organisasi maupun eksternal (publik), karena secara umum orang akan lebih mudah memahami dan menerima pesan dalam bentuk visual dibanding dalm bentuk teks biasa.
Pelatihan ini secara teknis mempelajari metode merancang dan proses pembuatan sebuah media komunikasi visual instansi atau organisasi. Pelatihan ini nantinya akan dilanjtutkan kembali pada bulan april mendatang untuk menambah lagi kreatifitas yang sudah diawali dari ilmu dasarnya pada hari ini. RS/Alim

0 Comments