Skip to main content

Cara Membuat Artikel Yang Baik Maupun Benar


LPM BURSA
Cara Membuat Artikel Yang Baik Maupun Benar

Pertama – tama Kenali jenis artikel yang akan Anda tulis. Sambil memikirkan topik dan gagasan penulisan, pikirkan juga jenis artikel yang akan di buat. sekiranya paling tepat untuk menyampaikan gagasan yang akan Anda komunikasikan. Sebagian jenis artikel lebih cocok untuk menyampaikan topik-topik tertentu. Berikut adalah beberapa jenis artikel yang umum:

  • ·         Berita: Jenis artikel ini memaparkan fakta-fakta mengenai peristiwa yang baru-baru saja terjadi atau akan terjadi segera. Biasanya artikel jenis ini berisi jawaban dari enam pertanyaan dasar: siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana.

  • ·         Fitur: Jenis artikel ini menampilkan informasi dengan cara yang lebih kreatif dan deskriptif daripada artikel berita biasa. Artikel fitur dapat membahas seorang tokoh, sebuah peristiwa, suatu tempat, atau topik-topik lainnya.

  • ·         Editorial: Artikel ini menunjukkan opini si penulis terhadap suatu topik atau perdebatan. Tujuannya adalah untuk menggiring para pembaca agar memiliki pandangan tertentu mengenai topik yang dibahas.

  • ·         Panduan: Jenis artikel ini memberikan instruksi dan informasi yang jelas mengenai cara melakukan suatu hal.

  • ·         Sosok: Jenis artikel ini menyajikan informasi mengenai seseorang, dengan informasi yang biasanya didapat oleh si penulis melalui proses wawancara dan penelitian latar belakang.

Jika kita sudah tau beberapa jenis artikel yang pada umumnya. Kita bisa memulainya dengan memilih tema tulisan, tema tulisan adalah pokok pembahasan dalam artikel. Pilihlah tema yang mudah dan dikuasai. Misalnya, motovasi, prestasi, strategi, dan lainya.
Cara yang berikutnya kita memulainya dengan kerangka, bisakan menulis dengan membuat kerangka tulisan. Menyajikan kalimat yang penting secara garis besar. Misalnya, tema artikel tentang Hukum. Maka poin-poin yang di buat akan mudah dengan mempunyai kerangka yang jelas. Misalnya, ada apa dengan hukum? Mengapa hukum itu ada? Apa pentingnya hukum itu? Kerangka sepertui ini kita harus memperdalamnya masing-masing.
Selanjutnya cara Membuat paragraf pembuka dengan baik, Kalimat pada paragaf pembuka, ibarat sebuah etalase toko yang memamerkan barang-barang bagus dan disusun sangat rapi. Tujuannya adalah menarik perhatian calon pembeli. Begitu pula halnya dengan fungsi paragraf pembuka sebuah artikel ilmiah.
Menuliskan gagasan pokok secara jelas. Tulisan ilmiah popular hanya berkisar 2,5 sampai 3,5 halaman. Oleh sebab itu kemukakan gagasan pokok tulisan di bagian awal paragraf. Dengan demikian pembaca dapat menangkap apa yang hendak disampaikan oleh penulis.
Memberikan ilustrasi yang wajar di sebuah artikel, ilustrasi yang menarik di tampilkan berupa gambar atau foto yang mendukung ulasan dalam artikel yang akan di tulis. Namun dalam tulisan ilmiah popular, segala ilustrasi ditampilkan dalam rangkaian kalimat pada paragraf. Ilustrasi yang dibuat haruslah yang wajar, tidak mengada-ada dan logis.
Mempelajari cara dan gaya penulisan. Sebenarnya bahasa yang baik dan benar itu bersifat relatif. Namun sebagai panduan bagi penulis adalah, media cetak mana yang kita pilih untuk mengirim tulisan. Setiap media cetak itu mempunyai cara dan gaya penyajian yang berbeda. Maka pelajari cara dan gaya penulisan media yang dituju.
Menutup artikel dengan paragraf yang kuat. Yang tak kalah penting adalah membuat paragraf penutup yang kuat. Artinya, semua gagasan pada paragraf sebelumnya harus diperkuat pada paragraf terakhir. Biasanya boleh dipergunakan kalimat berupa kesimpulan dari apa yang telah dibahas.
Menyunting atau tahap terakhir dalam membuat artikel dengan seksama.Tahap yang paling lama membutuhkan waktu adalah menyunting artikel yang sudah berhasil dibuat. Periksa kembali segala kata, kalimat dan paragraf yang ada. Begitu pula ejaan dan tanda baca. Biasanya editor media cetak enggan mengedit artikel kiriman yang terlalu banyak kesalahan pada ejaan dan tanda baca. (RS/Iphul DoanG)

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Unsur Layak Berita

Setelah kemarin kita belajar tentang cara menulis berita sekarang saya akan membagikan mengenai tulisan yang layak disebut berita. karena tidak semua tulisan bisa disebut berita. ada beberapa unsur yang membuat tulisan tersebut layak disebut berita. menurut kode etik Jurnalistik Wartawan Indonesia pasal 5 yang berbunyi “Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisan berisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya” . (Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat, 2006:47) Dari ketentuan yang ditetapkan Kode Etik Jurnalistik itu menjadi jelas pada kita bahwa berita harus cermat dan tepat atau dalam bahasa jurnalistik harus akurat. Selain itu berita juga harus lengkap, adil dan berimbang. Kemudian berita juga tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri atau dalam bahasa akademis disebut objektif. Berita itu juga harus