Racana Unisnu Tingkatkan Kemampuan Individu Melalui Tri Bina

Anggota Racana memainkan game uji kekompakan
lpmbursa.org - Praja Muda Karana atau yang biasa disingkat dengan Pramuka, merupakan organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Pramuka memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya, yang meliputi: Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan pramuka pandega.

Pramuka Pandega adalah tingkatan Pramuka setelah Penegak, yang berusia dari 21 tahun sampai dengan 25 tahun. Pembinaan Pramuka Pandega dilakukan mulai dari tingkat Gugus Depan dalam satuan yang disebut Racana. Seperti racana Kalijaga dan Ratu Kalinyamat di Kampus Unisnu Jepara.
Racana Kalijaga berdiri 20 tahun silam, tepatnya 18 Maret 1995. Saat kelahiran Racana masih dalam naungan kampus Inisnu Jepara, sebelum penggabungan 3 Kampus (Inisnu, Stienu dan Sttdnu) menjadi Unisnu Jepara. Nama Racana Kalijaga diambil dari nama Sunan Kalijaga, yang kemudian kata sunan dihapus karena sudah dipakai oleh Racana lain. Sekarang Racana Kalijaga berada dalam naungan Kampus Unisnu Jepara sejak tahun 2013. Racana Kalijaga sendiri cukup banyak memberikan warna  dalam perjalanan menuju kampus Unisnu.  

Sebelum tahun 2013 hanya ada racana kalijaga, kemudian pada tahun 2013 Racana membuat wadah tersendiri bagi anggota putri dengan membuat Racana Kalinyamat. Sehingga sekarang ada 2 Racana yaitu Racana Kalijaga yang mengayomi Putra dan Racana Kalinyamat merupakan wadah bagi berproses bagi putri.

Kegiatan Racana lebih fokus dalam melaksanakan Tri Bina yaitu bina diri, bina satuan dan bina masyarakat. “Bina diri lebih fokus untuk membentuk karakter masing-masing individu. Bina satuan berfungsi dalam mengamalkan kemampuan pada banyak orang. Bina masyarakat yang biasanya dilakukan adalah melakukan sosial kemasyarakatan” jelas Dodo selaku Ketua Racana Kalijaga.

Racana Kalijaga dan Kalinyamat Unisnu memfasilitasi anggotanya untuk membina ekstrakurikuler Pramuka di satuan baik Siaga, Penggalang, maupun Penegak. Selain itu, banyak anggota Racana yang telah mengabdi di berbagai sekolahan seperti SD, SMP, atau SMA sederajat untuk menjadi Pembina. “Sudah banyak anggota Racana yang mengabdi disekolahan untuk menjadi Pembina pramuka baik di satuan, siaga, penggalang maupun penegak” Banyak kegiatan yang dilakukan dan dirancang Racana dalam mendidik dan membentuk karakter anggotanya melalui rancangan kegiatan dalam satu tahun yang telah dibuat dalam rapat kerja (Raker), seperti Petara & OPK, Pendidikan dan Pelantikan (Diklan), Pelantikan Pandega, HUT Racana (Penggalang), Musrak (Musyawarah Racana) untuk membahahas AD/ART, pemilihan mandataris Racana dan masih banyak lagi kegiatan yang bermanfaat lainnya.

Kegiatan Racana selain mengutamakan kedisiplinan untuk membentuk karakter anggotanya secara tidak langsung akan mengerti dan merasakan sebuah jalinan antar anggota seperti keluarga sendiri, serta mengajak semua mahasiswa untuk ikut dalam anggota Racana baik yang sudah pernah mengikuti proses di SMA ataupun belum pernah sama sekali. Karena nanti akan diajak belajar, menggali kemampuan dan latihan ketrampilan bersama. (Muwasaun/LPM BURSA)

0 Comments