JADI DOSEN ITU HARUS PROFESIONAL

JADI DOSEN ITU HARUS PROFESIONAL
ilustrasi
LPM BURSA - Sebelum masuk atau mendaftar di salah satu perguruan tinggi tentu kita akan memilih universitas yang sudah terkenal dan memiliki nama besar. Salah satu hal menjadi pertimbangan untuk masuk ke salah satu universitas atau perguruan tinggi adalah kualitas dosen dari unversitas atau perguruan tinggi tersebut. karena kualitas dosen ini sangat menentukan kualitas dari mahasiswa-mahasiswanya. Sehingga peranan dosen sangatlah penting. 

Dosen tidak hanya mengajar para mahasiswanya tetapi juga membimbing dan mengarahkan mahasiswa melalui tugas mandiri yang diberikan oleh dosen. Jadi dosen itu tidak hanya memberi perintah atau larangan tetapi juga memberi arahan kepada mahasiswa bagaimana untuk mengambil sikap atau langkah dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut. 

Seorang dosen yang baik harus memiliki tiga hal yaitu: kapabilitas, loyalitas dan akuntabilitas. Seorang dosen harus memiliki kapabilitas atau kemampuan yang baik dalam bidang keilmuannya yang ditandai dengan pendidikan yang sesuai dengan bidang yang diajarkannya. Selain itu seorang dosen juga harus produktif menulis paper baik untuk diajar dalam mata kuliah maupun untuk disampaikan dalam forum seminar. Loyalitas artinya para dosen harus sering masuk atau mengajar mahasiswanya sebagai bentuk loyalitasnya. Jadi dosen tidak hanya masuk pada akhir semester saja. Kemudian dosen juga harus memiliki akuntabilitas. Selain harus sering masuk dan mengajar, para dose juga memilki tugas untuk mendampingi para mahasiswanya belajar tidak untuk mengajak mahasiswa menggunjungi permasalahan yang ada. 

Sebagai seorang dosen juga dituntut untuk bisa melalukan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengembangan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Jadi seorang dosen yang berkualitas harus bisa melakukan tiga hal tersebut. karena dalam UU. No. 14 tahun 2005 tentang guru dan disebutkan bahwa dosen adalah pendidik professional pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, tek:nologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam UU ini sudah jelas bahwa seorang dosen adalah orang yang benar-benar professional dalam bidang keilmuannya.

Selain itu juga seornag dosen juga harus bisa membangun suasana dalam kelas yang diajarnya. Agar para mahasiswa tidak pasif atau hanya diam saja. Dosen harus bisa memancing keingintahuan mahasiswa sehingga akan muncul pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa. Hal ini dapat menambah daya kritis mahasiswa. Dalam kegiatan pembelajaran di kampus atau perguruan tinggi mahasiswa tidak hanya sebagai penerima materi yang diberikan dosen tetapi juga bisa memberikan kritik atau tanggapan tentang materi yang diajarkan. Jadi jika seorang dosen mampu membangun suasana dan mengajak mahasiswa untuk berdiskusi maka kelas tidak akan terasa pasif. RS. Sri Pujiati.

0 Comments