Perpustakaan Tutup, Reguler 2 Tak dapat Layanan

Perpustakaan Tutup,  Reguler 2 Tak dapat Layanan, unisnu jepara
Ilustrasi tutup
LPMBURSA.COM, Jepara - Perpustakaan merupakan suatu tempat yang sangat penting dalam dunia akademik. Buku-buku yang terdapat di Perpustakan merupakan sumber bacaan dan menjadi referensi bagi karya tulis. Maka tak mengherankan bahwa Perpustakaan adalah hal yang paling mendasar terutama dalam perkuliahan. Saking pentingnya Perpustakaan tersebut, fasilitas dan pelayanan pun harus maksimal dan berrstandar nasional bukan hanya sebagai syarat belaka.

Khususnya mahasiswa dalam belajar di kampus diperlukan wawasan yang bersumber dari referensi seperti buku-buku bacaan yang disediakan oleh perpustakaan, sehingga dalam pembelajaran dapat berjalan mulus, dapat bertukar pikiran dengan teman maupun dengan dosen. Untuk itu perpustakaan adalah salah satu jiwa dari dalam pendidikan akademik. Jangan sampai karena keterbatasan perpustakaan mahasiswa kebingungan.

Fasilitas dan Pelayanan Perpustakaan Kampus memang harus diberikan kepada seluruh Mahasiswa tanpa pilih-pilih baik itu dari Reguler 1 mapun Reguler 2 (Non Reguler/Ekstensi). Namun tak dapat dipungkiri bahwa pelayanan yang diberikan masih pilih kasih. Akhir-akhir ini khusunya Mahasiswa Reguler 2 di Gedung Hijau (Fakultas Syari'ah & Hukum, Tabiyah & Ilmu Keguruan dan Dakwah & Komunikasi) UNISNU Jepara belum menerima pelayanan yang diberikan kepada Mahasiswa Reguler 1. Itu terbukti dari jadwal pelayanan yang ada di Perpustakaan tersebut. 

Jadwal Perpustakaan menurut info yang kami terima bahwa Pelayanan buka mulai Hari Senin sampai Jum'at pukul 08:00 – 17:00 WIB, untuk hari Sabtu buka pukul 08:00 – 12:00 WIB saja dan untuk hari Ahad libur seperti pelayanan yang lainnya. Hal inilah yang dikeluhkan oleh Mahasiswa Reguler 2. Mereka merasa didiskkriminasikan dengan adanya aturan tersebut. Sebagian besar mereka efektif Kuliah adalah hari Sabtu dan Ahad dari pagi pukul 08:00 sampai sore sekitar pukul 16:00 WIB. Ini seolah tidak singkron dengan jadwal yang ada di Perpustakaan.

Memang seharusnya pada hari tersebut adalah hari libur bagi seluruh karyawan Kampus UNISNU Jepara termasuk karyawan yang ada di Perpustakaan. Namun seharusnya ada solusi yang sekiranya dapat memfasilitasi seluruh Mahasiwa baik Reguler 1 ataupun Reguler 2.

Mereka juga memiliki hak yang sama layaknya pelayanan yang diberikan kepada Mahasiswa pada umumnya. Akibatnya, mereka kesusahan kalau ingin mencari Refensi untuk mengerjakan Tugas yang di berikan oleh Dosennya. Mereka harus berangkat ke Kampus untuk mengerjakan tugas meskipun tak ada jam untuk Kuliah pada hari tersebut dan hanya untuk menyesuaikan dengan jadwal Layanan buka yang telah ditentukan oleh Perpustakaan. Sebagian besar dari Mahasiswa Reguler 2 adalah orang-orang yang sudah bekerja bahkan ada juga yang sudah berkeluarga. Artinya kalau mereka harus ke Kampus bukan untuk Kuliah tapi untuk mengerjakan tugas dan menyesuaikan dengan jadwal Perpustakaan mereka juga harus rela meninggalkan pekerjaan dan Keluarganya. Memang kuliah itu selain mengeluarkan banyak biaya, tenaga dan fikiran juga banyak mengeluarkan waktu. 

Oleh karena itu, kepala UPT Perpustakaan dapat mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut dan merevisi dengan mempertimbangkan aspek pemanfaatan Fasilitas oleh Mahasiswa Reguler 2. Selain itu, menambah buku-buku didalamnya sehingga mahasiswa Reguler 2 mendapatkan Pelayanan Fasilitas selayaknya mahasiswa reguler 1 pada umumnya. (RS/Zain)

0 Comments