Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770, Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer.

Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah.
 Printer Canon

Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer tidak bisa digunakan untuk mencetak, meski Printer saat dihidupkan dalam keadaan normal, namun setelah diberikan perintah mencetak maka Printer yang tadinya Ready (tombol power menyala normal) tiba - tiba berubah menjadi berkedip bergantian dengan lampu Resume yang berwarna orange.

Ketika Printer tidak bisa mencetak kita harus melakukan Reset untuk menghilangkan Error 5200, agar Printer bisa digunakan untuk mencetak dengan normal.

Langkah - langkah Mereset Printer Canon IP2770 :

Berikut ini adalah langkah - langkah atau tips untuk melakukan Reset Printer Secara Manual yang dapat dilakukan sendiri di rumah atau di kantor dan tempat kerja anda.
  1. Posisi printer harus dalam keadaan mati (kalau printer sudah hidup, silahkan dimatika terlebih dahulu).
  2. Tekan dan tahan tombol Resume kurang lebih 2 detik, dilanjutkan dengan tekan tombol Power.
  3. Lepas tombol Resume (tombol Power masih tetap ditekan).
  4. Tekan tombol Resume berulang kali sebanyak 5 kali dan lepas kedua tombol (Power & Resume).
  5. Tunggu beberapa detik hingga lampu power menyala normal (tidak berkedip - kedip).
  6. Matikan printer sampai benar - benar mati/off.
  7. Setelah printer benar - benar mati, kemudian pencet tombol power dan lampu berwarna hijau, printer sudah bisa digunakan.

Nah itulah cara mengatasi Error 5200 pada Printer Canon IP2770 semoga dapat membantu anda semua.

Penulis :
Ahmad Mustaghfirin, Syari’ah VII, Tekhnisi Komputer dan Pengajar Multimedia SMK

0 Comments