Skip to main content

OSPEK Sarana Pengenalan yang Ampuh

Sosialisasi kampus inisnu melaui empat gelombang pendaftaran mahasiswa baru. Hal ini dilakukan karna hangatnya isu bahwa akan ada perubahan menjadi universitas. Dalam masa pengenalan kampus seperti biasanya diadakan Orientasi pengenalan kampus yang biasa disebut ospek. Sudah menjadi kebiasaan pelaksananya oleh BEM INISNU Jepara.

ospek dilaksanakan dua tahap yaitu pertama untuk mahasiswa Kampus Induk, adapun mahasiswa yang mengikutinya bukan hanya mahasiswa baru saja tetapi mahasiswa semester atas yang belum mengikuti ospek juga ikut meramaikannya, ada yang semester 3 dan juga semester 5. Tahap yang kedua pesertanya yaitu mahasiswa baru yang berada di kampus Cabang adapun pelaksanaanya tetap dikampus induk, walaupun beliau yang mengikuti kebanyakan orang yang sudah lanjut usia atau bisa dikatakan sudah berumah tangga, namun mereka sangat antusias mengikuti proses ospek tersebut.

Pada tahun ini ada perubahan mengenai konsepnya, dituturkan seksi acara untuk tahun ini logistic umum maupun khusus dianggap ringan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang sangat sulit untuk mencari logistic tersebut, namun hal tersebut nampaknya masih dianggap berat oleh peserta ospek. Setiap paginya saat apel banyak sekali mahasiswa yang tidak lengkap membawa logistic, bahkan ada yang bandel untuk perlengkapan saja tidak dipenuhi seperti sabuk, dasi dll. Namun antusiasnya tidak dihiraukan lagi, dalam forum diskusi dan pengenalan, peserta ospek dapat mengikuti dengan baik dan sudah memberanikan diri untuk presentasi dan bertanya.

Begitu pentingnya ospek sehingga bukan mahasiswa baru saja yang mengikutinya dan bisa dikatakan suatu hal yang wajib untuk dijalankan, sebagai syarat munakosah. namun sebenarnya yang paling penting diadakannya ospek adalah bertujuan untuk pengenalan kehidupan kampus, mulai adanya pengenalan struktural institusi dan juga civitas akademik yang nantinya mengawal mahasiswa dalam sehariannya.

ospek bisa dikatakan sebagai sarana yang efektif untuk pengenalan organ kampus contohnya BEM sebagai penampung inspirasi mahasiswa, dan organisi sebagai wadah untuk menampung mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya. Jadi mahasiswa baru merasa terpenuhi kebutuhan, untuk awal melangkah dalam kawah candra dimuka, untuk pengembangan diri tentunya mahasiswa dapat memilih sendiri akan jadi apa nanti, kalau Cuma berangkat duduk pulang tanpa mau berproses dalam organisasi itu tidak akan merubah cara berfikirnya bahkan tidak mendapatkan apapun bisa dikatakan sia-sia. Semangat untuk melatih diri dan cari sarana untuk mengembangkan diri jangan mau ketinggalan menghadapi dan tidak gagap menghadapi masa depan.
Oleh: Zainudin

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Unsur Layak Berita

Setelah kemarin kita belajar tentang cara menulis berita sekarang saya akan membagikan mengenai tulisan yang layak disebut berita. karena tidak semua tulisan bisa disebut berita. ada beberapa unsur yang membuat tulisan tersebut layak disebut berita. menurut kode etik Jurnalistik Wartawan Indonesia pasal 5 yang berbunyi “Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisan berisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya” . (Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat, 2006:47) Dari ketentuan yang ditetapkan Kode Etik Jurnalistik itu menjadi jelas pada kita bahwa berita harus cermat dan tepat atau dalam bahasa jurnalistik harus akurat. Selain itu berita juga harus lengkap, adil dan berimbang. Kemudian berita juga tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri atau dalam bahasa akademis disebut objektif. Berita itu juga harus