Skip to main content

INSAN KAMIL MELALUI ILMU TASAWUF

Sosok insan kamil atau orang yang sempurna adalah sosok yang di idamkan setiap umat, tidak mengenal suku, golongan serta jenis kelamin. Sepanjang hayat model yang paling sempurna adalah putra Abdullah yakni Muhammad yang telah membawa ajaran agama yang paling benar yaitu agama islam.

Untuk mencapai keingginan menjadi manusia yang sempurna atau insan kamil, kita bisa mempelajari melalui ilmu tasawuf. Karena dengan ilmu tasawuf kita bisa mengetahui dan mengerjakan apa saja yang harus dikerjakan. Ilmu tasawuf sendiri adalah ilmu untuk mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa, memperbaiki ahlak dan membangun dhohir dan batin untuk memperoleh kebahagiaan yang abadi.
Dalam ilmu tasawuf, ada tiga komponen yang harus disatukan dalam agama untuk mencapai insan kamil, yaitu:

1.    Islam adalah agama yang paling benar dihadapan Allah, dibandingkan dengan agama lain yang ada didunia ini. Dalam islam ada banyak hal yang diajarkan untuk mencapai kesempurnaan dihadapan Allah. Diantaranya yaitu syahadat, shalat, puasa, zakat dan haji. Yang semua ini disebut dengan rukun islam.
Rukun adalah adalah suatu hal yang harus dikerjakan dan tidak boleh ditinggalkan. sebelum seorang hamba menyatakan masuk islam maka dia harus membaca dua kalimah syahadat dan menyakini bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Sholat wajib dikerjakan oleh setiap muslim bagi yang sudah baligh dan berakal, karena shalat dapat mencegah seseorang untuk berbuat buruk, sebab shalat adalah pekerjaan yang pertamakali dihisab di yaumul kimah kelak. Puasa dan zakat juga wajib dikerjakan pada hari yang sudah ditentukan sebagai sarana untuk menyucikan diri. Jika haji adalah rukun islam yang wajib dikerjakan bagi orang yang mampu.

2.    Iman adalah suatu keyakinan yang ada pada diri setiap manusia. Dalam islam ada enam hal yang harus diyakini yang disebut dengan rukun iman, yaitu iman kepada allah, iman kepada malaikat, iman kepada rasul, iman kepada kitab Allah, iman kepada takdir Allah dan iman kepada hari akhir.

3.    Setelah manusia beragama islam dan sudah beriman yang selanjutnya adalah ihsan. Setiap manusia harus berbuat baik terhadap apapun, kapanpun dan kepada siapapun baik itu terhadap manusia ataupun mahluk yang lain. Kita sebagai hamba Allah yang tidak mempunyai apa-apa, haruslah berbuat amal ma’ruf nahi munkar. Membantu sesama mahluk, menghargai dan melindungi serta menjaga alam sekitar.

Demikianlah dasar-dasar yang harus dicapai setiap manusia agar bisa menjadi insan kamil. Pada dasarnya manusia tidak bisa pisah dari sang pencipta karena dalam diri manusia tertanam unsur-unsur ketuhanan yakni unsur illahiyah yang akan selalu mendorong manusia untuk selalu dekat kepada Allah. Orang yang seperti itu akan merasakan kenikmatan yang begitu indah, seperti seorang bayi yang berada dalam pelukan ibunya akan tetapi sebaliknya, jika dia jauh dengan dzat allah maka ia akan merasakan kegelisahan yang tiada hentinya.
Oleh: Ela Rofiana

Comments

Popular posts from this blog

Tradisi Begalan Banyumas

Salah satu Prosei Begalan Banyumas Jawa Tengah salah satu provinsi yang kaya budaya daerah. Diantaranya daerah Banyumas, dimana masyarakatnya mempunyai tradisi unik saat hari pernikahan. Dari tradisi yang ada, tradisi budaya di Banyumas meliputi, Begalan, Mitoni, Ngruwat, Tumpengan dan lain sebagainya. Salah satu budaya yang ada di Banyumas yaitu tradisi Begalan . Begalan meruapakan budaya adat warisan leluhur yang sampai sekarang masih dilaksanakan oleh masyarakat Banyumas. Begalan ini dilakukan pada acara pernikahan terutama pada pernikahan calon pengantin lelaki yang dalam silsilah keluarga menjadi anak sulung atau anak bungsu.  Di daerah Banyumas, tradisi Begalan ini menjadi bagian yang terpenting dalam prosesi pernikahan adat. Begitu kuatnya kepercayaan masyarakat Banyumas terhadap tradisi ini, seringkali pernikahan adat itu dinilai belum lengkap jika tradisi Begalan belum terlaksana. Tradisi Begalan Banyumas Didalam seni tradisi Begalan ada nuansa yang terkandung d

Tips Cara Mengatasi Error 5200 Printer Canon

Pada kesempatan kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang Printer Canon IP2770 , Banyak yang bertanya pada saya bagaimana sih cara mengatasi masalah Printer Canon Error 5200. Printer Canon pada masalah ini membutuhkan Reset Printer. Sebenarnya produsen Printer Canon sudah mengikutsertakan petunjuk penggunaan manual atau Helpdesknya. Disana menyatakan jika tinta sudah habis, maka Cartridge harus diganti dengan yang baru. Karena untuk menjaga kualitas hasil Print Out. Namun hampir semua orang dengan alasan ekonomis lebih memilih menyuntikan tinta ke Cartridge dari pada membeli Cartridge baru sesuai dengan petunjuk produsen Printer Canon, mengingat harganya tidak bisa dibilang murah. Tindakan suntik tinta biasanya berakibat printer menjadi Error, salah satunya adalah Error 5200. Error 5200 ini diakibatkan oleh perbedaan Inisialisasi Cartridge yang terpasang sebelum dilepas dari tempat Cartridge Printer Canon dan setelah dipasang kembali, hal ini membuat Printer t

Unsur Layak Berita

Setelah kemarin kita belajar tentang cara menulis berita sekarang saya akan membagikan mengenai tulisan yang layak disebut berita. karena tidak semua tulisan bisa disebut berita. ada beberapa unsur yang membuat tulisan tersebut layak disebut berita. menurut kode etik Jurnalistik Wartawan Indonesia pasal 5 yang berbunyi “Wartawan Indonesia menyajikan berita secara berimbang dan adil, mengutamakan kecermatan dan ketepatan, serta tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri. Tulisan berisi interpretasi dan opini wartawan agar disajikan dengan menggunakan nama jelas penulisnya” . (Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat, 2006:47) Dari ketentuan yang ditetapkan Kode Etik Jurnalistik itu menjadi jelas pada kita bahwa berita harus cermat dan tepat atau dalam bahasa jurnalistik harus akurat. Selain itu berita juga harus lengkap, adil dan berimbang. Kemudian berita juga tidak mencampuradukkan fakta dan opini sendiri atau dalam bahasa akademis disebut objektif. Berita itu juga harus